home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selamat Hari Air Sedunia! Yuk Hemat Air dengan Melakukan Hal-hal Kecil Ini

Rabu, 22 Maret 2017 13:30 by fzhchyn | 3276 hits
Selamat Hari Air Sedunia! Yuk Hemat Air dengan Melakukan Hal-hal Kecil Ini
Image source: Sustainbly Chic

DREAMERS.ID - Tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia atau World Water Day. Bukan tanpa alasan, masalah kekeringan dan kekurangan air bersih di sejumlah negara telah menjadi perhatian dunia selama ini.

Meski tak bisa secara langsung membantu mengatasi masalah kekeringan dan kekurangan air bersih ini, ada banyak hal-hal kecil dan sederhana yang sebenarnya bisa kita lakukan dan secara tidak langsung membantu mengatasi masalah ini, yaitu dengan menghemat penggunaan air di kehidupan sehari-hari.

1. Matikan keran

Hal seperti ini sangat sering terjadi saat kita sedang mencuci muka atau menggosok gigi dan membiarkan keran air mengalir. Kebiasaan buruk ini sangat berdampak pada konservasi air dan kekeringan. Jadi biasakan untuk menutup keran saat memijat muka dengan sabun pembersih dan baru nyalakan lagi saat ingin membilas.

2. Bawa air sendiri

Membeli air mineral dalam kemasan setiap hari memang dapat memuaskan dahaga. Tapi tahukah kamu jika setiap botol plastik ukuran satu liter itu memerlukan tujuh liter air untuk proses produksinya? Jadi lebih baik untuk membawa botol minum sendiri dan mengisi ulangnya.

3. Membeli produk yang terbuat dari kertas daur ulang

Produk-produk yang terbuat dari 100% kertas daur ulang membutuhkan air yang lebih sedikit dalam proses produksinya jika dibandingkan dengan kertas baru. Jika di rumah sering menggunakan tissue atau paper towel, pilihlah yang terbuat dari kertas daur ulang.

4. Mandi dengan aliran air yang lambat

Saat mandi dengan menggunakan pancuran air shower, usahakan tidak membukanya dengan penuh. Menggunakan shower dengan aliran air yang lambat atau low-flow setidaknya bisa mengurangi penggunaan air hingga setengahnya. Setali tiga uang, hal ini juga bisa menghemat energi berlebih yang dikeluarkan untuk memanaskan air.

5. Menyiram di pagi dan sore hari

Kebiasaan menyiram rumput halaman atau tanaman sebaiknya dilakukan di pagi hari atau sore hari karena air akan sampai hingga ke akar. Jika dilakukan di siang hari, air akan lebih cepat menguap sebanyak 14% sebelum mencapai akar tanaman. Selain itu, menyiram dengan selang akan lebih hemat jika dibandingkan dengan penyemprot air karena kita bisa mengatur sendiri air yang keluar.
 
6. Jadi vegetarian sehari dalam seminggu

Butuh banyak air untuk menumbuhkan biji-bijian yang menjadi pakan sapi, yang dagingnya kamu makan sehari-hari. Mengurangi konsumsi daging dan memilih menjadi vegetarian hanya sehari dalam seminggu bisa membantu menghemat air lho.

-----

Yuk, datang ke acara tahunan terbesar Dreamers.id, Dreamers Festival 2017, 1 April di Piazza Gandaria City, Jakarta Selatan! Menghadirkan penampilan dari Sheryl Sheinafia, Kevin and the Red Rose, 5Romeo, ICONS, Kandara, Stereo June, Zolder  dan masih banyak lagi.

Dreamers Festival 2017 juga akan diramaikan dengan Cover Dance dan Singing Cover, Fanbase Awards, Nobar Fanbase, Fashion Show by HijabKeren, Doorprize, dan lainnya. Untuk bisa mengikuti Doorprize, yuk daftarkan dirimu di www.dreamers.id/df2017. Acara ini GRATIS!

(fzh/Real Simple)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)