home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tenggelam 3 Tahun, Pengangkatan Bangkai Feri Sewol Berlangsung Dramatis

Jumat, 24 Maret 2017 14:00 by reinasoebisono | 4104 hits
Tenggelam 3 Tahun, Pengangkatan Bangkai Feri Sewol Berlangsung Dramatis
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Lepas tiga tahun setelah tragedi memilukan tenggelamnya Kapal Feri Sewol pada 16 April 2014. Pemandangan ketika penumpang yang dipenuhi oleh anak-anak sekolah itu tenggelam meninggalkan duka mendalam.

Bahkan lansir CNN, tragedi tersebut menjadi trauma nasional. Total korban tewas berjumlah 304 orang yang mayoritas adalah anak-anak karena sedang liburan sekolah. Sedangkan 9 jasad diketahui masih belum ditemukan hingga sekarang.


Image source: CNN

Kini, pemerintah Korea Selatan berhasil mengangkat bangkai kapal yang memiliki panjang 140 meter tersebut pada Kamis pagi waktu setempat. Secara maraton, proses pengangkatan disebut dilakukan oleh jumlah yang masif.

Kepala penyelamatan Sewol, Lee Chul Jo mengatakan proses ini dilakukan oleh 450 orang, termasuk 50 penyelam. Mereka bertugas menstabilkan dan mengamankan kapal agar bisa diangkat dari kedalaman 13 meter dengan cara diikat ke kapal tongkang besar dan diangkat ke permukaan.



Image source: Detik

Baca juga: 'Intention': Film Dokumenter Tentang Konspirasi Dibalik 4 Tahun Tragedi Tenggelamnya Kapal Sewol

Proses ini pun diliput berbagai media nasional hingga internasional. Para keluarga korban pun turut menyaksikan proses dramatis tersebut. Tak sedikit dari mereka mengungkapkan dukanya kembali, seperti baru terjadi hari kemarin.

“Anak saya adalah jenazah ke-220 yang ditemukan, setelah (tenggelam) 16 hari,” ungkap Shin Chang Sik, orang tua salah satu korban. “Aku tak bisa membayangkan bagaimana anak-anak berteriak dan memanggil ibu dan ayah mereka di dalam kapal. Aku sedih dan memohon maaf pada anakku (karena tak bersamanya saat tragedi terjadi),”

Berikut adalah cuplikan proses pengangkatan Feri Sewol dari perairan Jeju Island.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)