home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diminta Lebih 'Galak', BPJS Kesehatan Diadukan ke Dewan HAM PBB?

Minggu, 26 Maret 2017 12:25 by reinasoebisono | 1687 hits
Diminta Lebih 'Galak', BPJS Kesehatan Diadukan ke Dewan HAM PBB?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Layanan kesehatan dari BPJS yang diharapkan membantu masyarakat dalam segi keuangan dan fasilitas kesehatan dianggap belum merata dan masih dipertanyakan sejauh mana masyarakat Indonesia memperoleh hak atas pelayanan tersebut.

Melansir CNN, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengadukan sejumlah kekurangan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan langsung ke Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Salah satunya adalah ketiadaan tindakan preventif atas pelayanan kesehatan. Masih banyak masyarakat yang belum memiliki kartu BPJS, ditambah banyaknya rumah sakit yang tidak mau menerima pasien dengan kartu BPJS Kesehatan.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Biaya Pasien Corona Ditanggung BPJS Kesehatan

Komnas HAM yang diwakili oleh Komisioner Komnas HAM Muhammad Nurkhoiron menginginkan secepatnya seluruh rumah sakit negeri dan swasta di Indonesia menerima pasien BPJS Kesehatan. Bagaimana pun, program subsidi silang ini dianggap sangat membantu masyarakat.

"Dengan begitu, antrean panjang yang selama ini dirasakan pasien BPJS Kesehatan akan berkurang. Semakin banyak rumah sakit yang menerima, semakin banyak tempat untuk berobat," tutur Nurkhoiron.

Lebih lanjut, Komnas HAM ingin pemerintah dan BPJS Kesehatan lebih ‘galak’ kepada rumah sakit yang kerap menolak pasien. Namun tak hanya kekurangan, Komnas HAM pun memberi informasi tentang kemajuan pelayanan kesehatan di Indonesia kepada utusan PBB.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)