home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Muncul Makhluk Kerdil di Aceh, Suku Primitif yang Dinyatakan Sudah Punah?

Minggu, 26 Maret 2017 14:55 by reinasoebisono | 5388 hits
Heboh Muncul Makhluk Kerdil di Aceh, Suku Primitif yang Dinyatakan Sudah Punah?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Media sosial beberapa hari belakangan digemparkan oleh sebuah video tak biasa yang memperlihatkan kemunculan sesosok makhluk yang diyakini manusia namun belum bisa diverifikasi keberadaan dan profilnya.

Video yang diunggah oleh akun Youtube bernama Fredography pada 22 Maret lalu ini memperlihatkan beberapa pengendara motorcross berkendara di sebuah padang rumput. Namun tak berapa lama, muncul sesosok manusia kerdil dari sisi kanan yang membuat satu pengendara jatuh dari motor.

Sosok makhluk kecil nan lincah tak berbaju itu langsung lari meninggalkan rombongan crosser kutip Detik. Meski sempat berusaha dikejar oleh crosser yang merekam video, sosok itu berlari memasuki semak-semak lebat dan tak lagi terkejar.

Disebut berada di Aceh, akun Fredography menyatakan sengaja tidak menyebutkan detail lokasi terekamnya gambar tersebut. Meski beberapa netizen berasumsi video tersebut adalah editan, tak sedikit yang mendukung jika penampakan tersebut adalah asli keberadaannya.


Image source: Kumparan

Dugaan terkuat, sosok tersebut adalah penduduk dari Suku Mante yang memang berasal dari Aceh dan dipercaya bertubuh mungil nan kerdil. Namun Suku Mante sangat tertutup dan diyakini sudah punah karena membaur dengan suku lain menjadi manusia modern seperti sekarang ini.

Baca juga: Ratusan Warga Rohingya Tiba Di Pesisir Aceh Ditolak Warga, Ini Alasannya

"Ini saya duga Suku Mante, orangnya kecil-kecil," Kepala Dinas Sosial Pemprov Aceh Al Qudri, Sabtu (25/3). Menurut Al Qudri yang juga menyebut Suku Mante adalah legenda di Hutan Leuser lansir Kumparan.

"Mereka itu penciumannya tajam, biasanya kalau mencium bau manusia mereka menghindar. Saat itu mungkin arah angin berlawanan, jadi mereka tidak mencium bau manusia," tuturnya.

Qudri menyebut jika Suku Mante terkenal suka garam dan lari seperti angin. Belum ada manusia yang bisa berkomunikasi dengan mereka karena hidup nomaden alias berpindah-pindah. Suku Mante juga diketahui memakan makanan mentah.

Suku Mante sendiri disebut sebagai suku terawal yang mendiami daerah Aceh bersama suku-suku asli lain seperti Lanun, Sakai, Jakun hingga Semang yang adalah pembentuk suku Aceh seperti sekarang. Hingga kini belum ada bukti ilmiah yang memperkuat keberadaan Suku Mante, bisa saja jika keaslian video di bawah ini terbukti, eksistensi suku primitif asli Indonesia bisa diketahui lebih dalam.

(rei/Detik/Kumparan)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)