home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Nostalgia Lewat Sederet Bus Jadul yang Unik Mulai Tahun 1960-an Ini!

Kamis, 30 Maret 2017 16:00 by tyassss | 4997 hits
Nostalgia Lewat Sederet Bus Jadul yang Unik Mulai Tahun 1960-an Ini!
Image source: liputan6

DREAMERS.ID - Mungkin anak-anak generasi jaman sekarang sudah dimanjakan dengan sejumlah alat transportasi yang mewah terutama jenis angkutan besar, bus. Karena sekarang, khususnya di Jakarta, sudah terdapat bus​ yang sangat nyaman, mudah dijangkau dan tidak kepanasan karena ada fasilitas AC, seperti Transjakarta.

Namun, meski tak semewah bus pada masa kini, angkutan bus di jaman dulu alias jadul justru tak kalah menarik dan unik dilihat dari bentuknya. Sederet jenis bus ini pun dipamerkan dalam acara Indonesia Classic N Unique Bus (InCUBUS) 2017 baru-baru ini.


Image source: liputan6

Acara pameran tersebut membawa para pengunjung bernostalgia pada era 60 hingga 80-an melalui angkutan bus yang ada pada masa tersebut. Mulai dari Mitsubishi Fuso R470 berwarna biru milik PO Sumber Alam. Bus ini muncul di 1963 dan pemilik pertamanya adalah TNI Angkatan Udara Malang.

Baca juga: Hebat, Negara Ini Jadi yang Pertama Gratiskan Semua Transpotasi Publik!

Lalu ada juga Buis Superior Coach Mercedes-Benz OF1113 berwarna biru abu-abu buatan tahun 1971, Lorena dengan sasi Mercedes-Benz mesin OF 1113 keluaran 1973 dan Chverolet AA Series yang bentuknya sangat unik seperti gerobak.


Image source: kompas/liputan6

Selain itu, ada juga bus Oto Pownis, yang merupakan sarana transportasi buatan tahun 80an yang menghubungkan daerah Pangkalpindang dan Sungailiat hingga tahun 2012. Namun, seiring dengan masuknya mobil-mobil penumpang minibus seperti L300, kendaraan ini tersisih hingga berangsur hilang.

Teakhir adalah bus patas dari Mercedes-Benz tipe OH 1518 tahun 1991, yang mungkin banyak dari masyarakat jaman sekarang yang sempat merasakan menggunakan sarana transportasi umum ini. Sementara itu, total ada enam bus jadul yang dipajang di pameran tersebut. Digagas oleh haltebus.com, pameran ini bertujuan mengingatkan bahwa bus adalah moda transportasi yang tak akan lekang oleh zaman.

(tys/liputan6/kompas)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)