home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Datang Perdana Sepanjang Sejarah, Ini yang Ingin Dikonsultasikan Afghanistan ke Indonesia

Kamis, 30 Maret 2017 19:33 by reinasoebisono | 1630 hits
Presiden Datang Perdana Sepanjang Sejarah, Ini yang Ingin Dikonsultasikan Afghanistan ke Indonesia
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, Presiden Afghanistan akan berkunjung dan melakukan kunjungan kenegaraan. Setelah kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi, Indonesia memang kerap didatangi beberapa kepala negara.

Yang terbaru adalah Presiden Perancis Francois Hollande dan dijadwalkan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence juga dijadwalkan mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat. Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sempat mengajak Presiden Filipina Rodrigo Duterte blusukan ke Tanah Abang.

Bedanya, diperkirakan akan ada ‘konsultasi’ spesial yang akan dilakukan Afghanistan. Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dijadwalkan membahas perdamaian di negara masing-masing. Konsultasi yang dimaksud adalah upaya resolusi konflik dalam negeri. Karena melansir Liputan6, Afghanistan menganggap Indonesia berpengalaman dalam mengatasi konflik dalam negeri.

Baca juga: Kelompok Radikal Taliban Dukung Donald Trump Jadi Presiden Lagi Usai Dijanjikan Ini

"Kedua negara punya sejarah unik untuk saling berkonsultasi untuk urusan upaya perdamaian," ujar Ferdy Pay, Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri RI. “Oleh karena itu, presiden Afghanistan sangat ingin mengetahui hal-hal tersebut untuk menjadi base practice yang akan diterapkan di Afghanistan untuk mendukung proses perdamaian di sana,"

Setelah isu perdamaian, Afghanistan juga akan berkonsultasi soal penanganan dan upaya deradikalisasi terorisme. Karena seperti yang diketahui, Afghanistan memiliki kelompok ekstrimis yang cukup banyak.

Dan tak banyak diketahui, Afghanistan banyak mengimpor produk Indonesia, salah satunya adalah barang konsumsi seperti makanan. Hanya saja, distribusinya sempat mengalami kendala karena harus transit di berbagai negara sebagai pihak ketiga. Sebut saja Pakistan, Iran dan Dubai. Hal ini juga akan dibahas dalam pertemuan kenegaraan 5-6 April mendatang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)