home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terkait Ancaman Korea Utara, Pihak Korsel, Jepang dan AS Lakukan Latihan Bersama

Senin, 03 April 2017 14:00 by Dits | 1598 hits
Terkait Ancaman Korea Utara, Pihak Korsel, Jepang dan AS Lakukan Latihan Bersama
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID -Pada Senin (3/4), pihak Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat bersama-sama menggelar latihan gabungan Angkatan Laut. Tiga negara tersebut melakukan latihan guna menghadapi ancaman Korea Utara terkait rudal kapal selam yang tengah dibuat oleh negara pimpinan Kim Jong-un tersebut.

Hal itu diketahui berdasarkan dari keterangan Kementerian Pertahanan di Seoul yang khawatir dengan program senjata Pyongyang. Memang, saat ini Pyongyang sedang gencar mengembangkan rudal jarak jauh berhulu ledak nuklir. Rudal tersebut diklaim dapat menghantam daratan Amerika Serikat. Pihak Korut pun telah melakukan uji coba ledakan sebanyak lima kali. 

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Sementara itu, latihan gabungan akan dilakukan selama tiga hari dengan melibatkan lebih dari 800 personel. Digelarnya latihan setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump pada Minggu (2/4) menghimbau kalau Washington akan mengambil tindakan secara sepihak untuk menangani program nuklir Korea Utara jika China tak niat membantu. 

Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Korea Selatan. latihan akan dimulai di lepas pantai selatan Korea Selatan dekat dengan Jepang dan melibatkan beberapa kapal perusak dan helikopter untuk menangani serangan kapal selam termasuk rudal balistik selam (SLBM) Korea Utara. 

Lebih lanjut, ketegangan antar negara di kawasan menyusul dengan rangkaian peluncuran rudal Korea Utara yang dilakukan beberapa bulan terakhir. Laporan juga mengindikasikan bahwa Pyongyang tengah bersiap melakukan uji coba nuklir lainnya.

Seperti diketahui, fengan dalih mengatasi serangan Amerika serikat, pada bulan Februari Korea Utara menembakkan empat rudal balistik dari pantai timurnya, tiga di antaranya jatuh di dekat kawasan Jepang. Pada Agustus tahun lalu Korut juga pernah melakukan uji tembak SLBM 500 kilometer ke arah Jepang. Padahal dalam resolusi PBB, melansir AFP, Korut dengan jelas dilarang untuk tak menggunakan teknologi rudal balistik.

(dits/Antara)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)