home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya Alasan Unik, Sumpit Kayu Ini Juga Dapat Dimakan

Rabu, 05 April 2017 11:33 by dodo07 | 2007 hits
Punya Alasan Unik, Sumpit Kayu Ini Juga Dapat Dimakan
Image source: Rocketnews24

DREAMERS.ID - Orang Jepang memang dikenal kerap menyantap makanan dengan bantuan sumpit dibanding menggunakan sendok. Namun, belum lama ini penggemar kuliner dikejutkan dengan sumpit kayu unik yang tak hanya dapat membantu mengambil makanan namun juga dapat dimakan.

Penggunaan sumpit kayu memang sempat diprotes para pencinta lingkungan karena menyebabkan penggundulan hutan. Hal inilah yang akhinya membuat beberapa pihak mengampanyekan penggunaan sumpit daur ulang atau sumpit logam sebagai alternatif hingga terciptalah sebuah sumpit kayu yang dapat dimakan.


Image source: Rocketnews24

Sumpit edible atau sumpit yang bisa dimakan ini selintas memiliki tampilan yang begitu keras dan kaku layaknya sumpit kayu pada umumnya. Namun saat dilihat lebih dekat, tekstur sumpit produksi perusahanaan Marushige Confectionery ini tidak seperti kayu walau cukup kuat untuk menahan makanan tapi tidak terlalu keras untuk digigit.


Image source: Rocketnews24

Marushige Confectionery rupanya menggunakan Igusa, sejenis tanaman rumput yang tumbuh di air. Biasanya tanaman ini digunakan untuk membuat tikar (tatami) tradisional Jepang. Sayangnya permintaan akan tanaman ini makin menurun beberapa tahun terakhir karena warga Jepang tak lagi banyak memakai tatami.

Karena hal itulah, proyek pembuatan sumpit berbahan igusa ini diharapkan mampu melestarikan sekaligus mempromosikan budaya igusa. Sayangnya, karena berasa pahit layaknya rumput kering, tidak sedikit orang yang menganggap igusa tak layak dimakan walau sebenarnya tumbuhan ini aman untuk dikonsumsi.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)