home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Tiket Online, Pemuda 19 Tahun Ini Juga Retas Situs Resmi Polisi Hingga Pemerintah Pusat

Kamis, 06 April 2017 11:05 by muthiasp | 978 hits
Tak Hanya Tiket Online, Pemuda 19 Tahun Ini Juga Retas Situs Resmi Polisi Hingga Pemerintah Pusat
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Belakangan ini ramai diperbincangkan remaja laki-laki berusia 19 tahun yang berhasil meretas situs penjualan tiket online dan mengantongi uang hampir satu miliar dari aksinya itu. Tak hanya situs tersebut, rupanya hacker berinisial SH ini juga pernah meretas situs resmi polisi.

Berdasarkan keterangan Kepala Unit III Sub Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Idam Wasiadi, terhitung sejak tahun 2013 tersangka SH atau yang dipanggil Haikal total sudah meretas 4,600 situs, yang mana salah satunya adalah situs polri.

"Katanya iseng, ingin unjuk gigi juga. Dia sudah retas 4.600 situs salah satunya situs Polri. Sudah dia lakukan sejak tahun 2013," kata Idam, mengutip Liputan6.

Baca juga: 7 Hacker Paling Berbahaya di Dunia, Bjorka Termasuk?

Dilansir dari Detik, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengungkapkan bahwa Haikal belajar meretas secara otodidak melalui internet. Bahkan tak hanya situs Polri, situs pemerintah pusat dan daerah, ojek online, serta beberapa situs luar negeri juga pernah diretasnya.

Dari hasil peretasan atas situs jual-beli tiket online dan maskapai Citilink, Haikal menggunakan uangnya untuk memberi motor sport Ducati yang harganya ratusan juta, "Saya belikan motor Ducati sama foya-foya. Nggak ada pengeluaran untuk investasi," ujar Haikal.

Dalam melakukan aksinya itu, Haikal dibantu oleh tiga rekan lainnya sesama gamers yang sudah tertangkap duluan. Setelah dilakukan pemeriksaan, Haikal membobol situs-situs sebanyak itu bukan semata untuk kepentingan ekonomi, melainkan ajang unjuk gigi dan kebanggaan bagi dirinya sendiri.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)