home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aksi Teror Truk Tabraki Kerumunan Orang Terjadi di Swedia, 4 Orang Tewas

Sabtu, 08 April 2017 09:30 by Dits | 1661 hits
Aksi Teror Truk Tabraki Kerumunan Orang Terjadi di Swedia, 4 Orang Tewas
image source: reuters.com

DREAMERS.ID -Aksi teror menggunakan truk curian terjadi di Stockholm, Swedia, pada Jumat (7/4) sore waktu setempat. Dalam peristiwa serangan tersebut diketahui sebanyak empat orang dikabarkan tewas dan lima belas lainnya mengalami luka-luka.

"Empat orang tewas dan 15 orang terluka," ucap juru bicara polisi Stockholm Lars Bystrom kepada AFP.

Insiden serangan diperkirakan terjadi sekitar pukul 15.00 waktu setempat, lokasi kejadian dekat dengan pusat perbelanjaan Drottninggatan di Kota Stockholm. Serangan truk tersebut dianggap sebagai aksi sekelompok teroris, hal itu dikonfirmasi langsung oleh Perdana Menteri Stefan Loven dengan mengacu pada bukti-bukti yang ada.

"Swedia telah diserang. Semua ini merupakan serangan teror," kata Stefan Lofven.


image source: reuters.com

Keadaan Strockholm dilaporkan mencekam usai insiden terjadi. Stasiun kereta api, toko-toko, dan pusat perbelanjaan dikosongkan. Helikopter mengudara di langit Stockholm sementara sejumlah mobil polisi dan ambulans dikerahkan untuk menolong para korban.


image source: reuters.com

Baca juga: Putri Sofia, Bangsawan Swedia Rela Kerja di RS Bantu Pasien Corona

Polisi setempat juga berpatroli dengan berkeliling kota sambil meminta warga untuk menghindari kerumunan dan segera pulang ke rumah masing-masing.

Lebih lanjut, satu orang telah ditangkap terkait dengan serangan tersebut, tetapi belum dikonfirmasi apakah orang yang ditahan itu adalah tersangka dari aksi teror truk.

Seperti diketahui, sebelumnya serangan teror truk atau mobil yang menabrak kerumunan massa di Eropa juga terjadi di London pada 22 Maret lalu. Seorang pria menggunakan mobil menabrak pejalan kaki di Westminster Bridge dan menewaskan empat orang. Pelaku bahkan menikam seorang polisi hingga tewas sebelum akhirnya ia dilumpuhkan dengan tembakan.


image source: reuters.com

Serangan serupa juga pernah terjadi di Nice, Prancis, Juli 2016. Akibat insiden tersebut, sebanyak 86 orang tewas saat tengah menghadiri perayaan Hari Bastille. Desember 2016, juga terjadi serangan truk di Berlin, Jerman, pelaku menabrakan truk di pasar Natal dan menewaskan 12 orang. Kelompok ISIS mengklaim sebagai pihak yang bertanggung jawab atas dua serangan tersebut.

(dits/Antaranews/Metronews)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)