home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya Keunggulan Masing-masing, Ini Kata Pakar Soal Adu Program Hunian Ahok dan Anies Saat Debat

Kamis, 13 April 2017 17:00 by dodo07 | 1094 hits
Punya Keunggulan Masing-masing, Ini Kata Pakar Soal Adu Program Hunian Ahok dan Anies Saat Debat
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Debat final jelang Pilkada DKI putaran kedua yang akan dilakukan pada Minggu depan, telah digelar pada Rabu (13/4). Sama seperti sebelumnya, pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi pun beradu program unggulan mereka untuk dapat menarik perhatian warga Jakarta.

Salah satu persoalaan yang sempat didebatkan kedua paslon dalam debat panas kemarin malam adalah persoalan hunian di Jakarta. Meski sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun CEO Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda ternyata punya penilaian tersendiri untuk program kedua paslon.

"Kalau saya lihat soal pembiayaan Pak Anies, semua ujung-ujungnya masalah tanah. Mau dibangun di mana? Payung hukumnya harus jelas. Memang saat ini perbankan tidak mengizinkan, tapi kan bukannya tidak mungkin," ujar Ali, dikutip dari Detik.

Ali menilai jika program hunian Anies-Sandi dengan janji DP 0% benar-benar trealisasi, maka akan ada masalah yang muncul, karena program beli rumah dengan DP 0% bukanlah hal baru dalam dunia properti. Ali juga menjelaskan jika mekanisme itu bukan berarti pembeli tidak mengeluarkan uang saat awal transaksi.

Baca juga: Alasan Ira Koesno Tak Salaman dengan Paslon Saat Debat Pilkada DKI

"DP 0% bukan hal baru. Ini bukan semata-mata nggak keluar uang, tapi konsepnya tabungan. Saya pribadi justru menghindari ini karena berat. Tapi mungkin ini bisa kalau ada MBR (masyarakat berpenghasilan rendah)," tutur Ali.

Sedangkan, untuk program hunian Ahok dan Djarot Saiful Hidayat, menurut Ali hal tersebut lebih masuk akal karena memberikan penanganan masalah hunian di Jakarta dengan pemberian solusi rumah susun.

Sementara itu, jika program hunian DP 0% nantinya disetujui, Ali menilai pemerintah akan terbentur masalah penyediaan lahan. Jangankan untuk membangun perumahan, untuk membangun rusun-rusun di DKI, penyediaan lahan juga menjadi masalah, “Tapi untuk jangka panjang, skala nasional bebannya justru berat, karena sistemnya kan nalangin dulu, ada berapa ribu orang," tambahnya. 

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)