home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dari Ulah Alien hingga Magnet Raksasa, Begini Penjelasan Fenomena Batu 'Berjalan' Lembah Maut

Kamis, 13 April 2017 18:00 by reinasoebisono | 1810 hits
Dari Ulah Alien hingga Magnet Raksasa, Begini Penjelasan Fenomena Batu 'Berjalan' Lembah Maut
Image source: Ars Technica

DREAMERS.ID - Ada sebuah fenomena aneh yang sudah jadi pertanyaan besar masyarakat sejak beberapa waktu lalu. Batu yang notabene benda mati bisa terlihat ‘hidup’ di sebuah Taman Nasional Lembah Maut, Amerika Serikat karena mampu berpindah diri.

Kawasan yang dikenal dengan sebutan Racetrack Playa itu dulunya adalah sebuah danau yang kini sudah mengering. Namun di beberapa kesempatan, abtu-batu di sana terlihat seperti habis berjalan, lengkap dengan jejak panjang di atas tanah lumpur keringnya.

Padahal di lokasi yang terletak di California itu adalah salah satu tempat di dunia dengan cuaca ekstrim dan kering, tak ada tanaman yang dapat hidup. Dari foto-foto yang beredar, bahkan ada batu yang bergerak hingga 1 kilometer.


Image source: Tree Hugger

Baca juga: Penjelasan Gerhana Bulan dan Strawberry Full Moon Malam Ini!

Analisa mulai dari geologi hingga luar angkasa pun muncul di situs NASA sejak 1940-an. Muncul spekulasi magnet super besar di bawah lembah, hingga ulah alien yang memindahkan batu tersebut dari satu titik ke titik lain. Dengan berbagai penelitian, hasilnya kecepatan angin dan badai di sana ta mungkin menggerakkan batu.

Namun akhirnya teka-teki itu mulai terjawab dalam artikel BBC, ‘World Most Bizarre Natural Phenomena pada 1 Agustus 2016 lalu. Mister batu berjalan ini terkuak karena cuaca. Pada musim dingin, air di sana jadi es sehingga batu bergerak saat es mencair. Nah, saat es mencair, tanah menjadi lumpur dan menghasilkan gerakan batu yang meninggalkan lintasan di tanah.

Jadi, bukan karena magnet di dalam tanah atau pun ulah alien. Melainkan fenomena alam tak biasa yang menghasilkan fenomena alam unik lainnya. Kira-kira, jika terjadi di Indonesia, akan seperti apa ya spekulasi yang berkembang?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)