home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Atasi Insomnia, Coba Lakukan Teknik Pernapasan '1 Menit' Ini

Kamis, 13 April 2017 23:00 by fzhchyn | 3609 hits
Atasi Insomnia, Coba Lakukan Teknik Pernapasan '1 Menit' Ini
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Susah terlelap meski tubuh terasa lelah memang sangat mengganggu. Untuk mengatasi gejala sulit tidur atau insomnia ini banyak cara yang dilakukan orang, mulai dari minum susu hangat, membaca buku, hingga mematikan lampu.

Namun ada satu teknik yang sangat sederhana yang bisa kamu coba jika mengalami insomnia, yaitu teknik pernapasan 4-7-8. Dikembangkan oleh dokter bernama Andrew Weil, teknik ini mengombinasikan pernapasan dengan meditasi dan sangat mudah untuk dilakukan.

“Cara ini benar-benar sederhana, tidak membutuhkan waktu, tidak perlu peralatan, dan bisa dilakukan di mana saja,” kata Weil melalui akun Youtube resminya, mengutip CNN. Angka 4, 7, dan 8 sendiri merujuk pada kombinasi waktu yang memang harus dihitung.

Langkah pertama adalah menarik napas dan kemudian mengembuskan sepenuhnya melalui mulut sembari mengeluarkan suara desiran "whooosh". Lalu muncul angka pertama. Letakkan ujung lidah di belakang gigi bagian depan dan kemudian tarik napas selama empat detik.

Baca juga: 5 Cara Terbaik Atasi Insomnia Akibat WFH

Angka kedua, yaitu tujuh, merujuk pada seberapa lama kamu selanjutnya harus menahan napas. Kemudian, lepaskanlah napas tersebut selama delapan detik. Ulangi langkah tersebut hingga tiga kali. Jika tepat dilakukan, teknik 4-7-8 ini hanya memakan waktu selama satu menit.

Teknik ini diyakini bisa menurunkan tekanan darah serta jadi resep yang mujarab untuk mengatasi kegelisahan. Salah satu rahasianya adalah karena oksigen ekstra pada saraf parasimpatis memiliki efek menenangkan.

Namun ada satu hal yang harus diingat jika ingin mempraktekkanya segera. “Perhatikan dengan saksama, Anda harus selalu menghirup udara dengan tenang melalui hidung, dan mengembuskan napas melalui mulut sampai terdengar. Ujung lidah tetap berada di posisi yang tidak berubah sepanjang waktu,” kata Weil.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)