home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Dicolek' Istri, Ini Alasan Donald Trump Harus Silangkan Tangan Saat Lagu Kebangsaan Berkumandang

Selasa, 18 April 2017 10:00 by reinasoebisono | 1550 hits
'Dicolek' Istri, Ini Alasan Donald Trump Harus Silangkan Tangan Saat Lagu Kebangsaan Berkumandang
Image source: Metro.co.uk

DREAMERS.ID - Setiap negara memang memiliki cara tersendiri untuk menghormati lambang-lambang negara. Namun ketika sang pemimpin ‘melupakannya’, semua orang pun membicarakannya. Seperti yang terjadi di Amerika, tepatnya pada Presiden Donald Trump saat perayaan Paskah akhir pekan lalu.

Saat lagu kebangsaan Amerika Serikat diperdengarkan, Donald Trump terlihat lupa menyilangkan tangan kanan di dada kiri. Bahkan sang istri, Melania sempat mencolek tangan Donald Trump untuk mengingatkannya. Terlihat pula anak bungsu mereka, Barron yang turut menyilangkan tangan meniru sang ibu sebelumnya.

Sebagai seorang presiden, melansir CNN, sikap Trump ini disayangkan oleh publik. Pasalnya, meletakkan tangan di dada saat mendengar lagu kebangsaan sudah jadi aturan tak tertulis yang harus dilakukan setiap orang.

Baca juga: Mantan Istri Donald Trump, Ivana Trump Meninggal Dunia

Lebih lanjut, meletakkan tangan di dada saat mendengar lagu kebangsaan adalah lembang penghormatan. Sikap tersebut juga simbol kebanggaan dan menurut penelitian, meletakkan tangan di dada juga bisa membuat seseorang lebih jujur pada orang lain.

Menurut penelitian dalam Journal of Nonverbal Behavior juga menyimpulkan bahwa meletakkan tangan di dada akan membantu seseorang jadi lebih terlihat bermoral. Tak hanya menyilangkan tangan, melepas topi juga jadi keharusan saat mendengar lagu kebangsaan AS. Namun jika topi bersifat ‘hiasan’ yang dijepit ke rambut, tak perlu dilepas.

Lain negara tentu lain pula bentuk penghormatannya. Meletakkan tangan kanan di atas pelipis kanan serta berdiri tegak adalah salah satu bentuk penghormatan dan lambang kesopanan  di Indonesia. Di negara tetangga, Thailand, tradisi mereka adalah selalu menghentikan seluruh aktivitasnya sejenak dan berdiri tegak saat mendengar lagu kebangsaan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)