home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Media Asing Ikut Soroti Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua

Rabu, 19 April 2017 17:00 by fzhchyn | 1725 hits
Media Asing Ikut Soroti Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua yang berlangsung hari ini Rabu (19/4) tak hanya menjadi perhatian warga Indonesia, khususnya Jakarta, tapi sejumlah media asing juga ikut menyoroti pesta demokrasi yang berlangsung ibu kota ini.

Menyoroti pertarungan sengit antara kedua pasangan calon gubernur, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, media asal Inggris, BBC melalui The Kathmandu Post menulis berita dengan judul "Jakarta election: Tense run-off expected for governor post".

Di dalam artikelnya, BBC menulis "Pemilih di Jakarta memilih gubernur pada putaran kedua, yang disebut 'paling kotor dan memecah belah' di Indonesia."

"Berdasarkan jajak pendapat, pertarungan sengit terjadi antara gubernur pertahana Basuki Tjahaja Purnama, dan Anies Baswedan. Keamanan dijaga ketat di ibu kota Indonesia di tengah meningkatnya ketegangan rasial dan agama," demikian menurut laporan BBC, mengutip Liptan6.

Baca juga: Pengakuan Adanya Permintaan Peserta Demo 212 ke Partai dalam Peran Kemenangan Anies-Sandi

Lalu Al Jazeera menulis dengan judul "Ahok faces Baswedan in Jakarta runoff election". Media asal Timur Tengah tersebut menilai bahwa pilkada DKI merupakan ujian bagi demokrasi Indonesia yang masih muda dan toleransi antar umat beragama. "Selama kampanye ini, tidak hanya politik dan kebijakan yang di bahas -- sebagian besar kampanye tentang identitas dan agama," tulis reporter Al Jazeera dari Jakarta.

Sementara Channel News Asia membahas pilkada yang diwarnai dengan dugaan penistaan agama dengan judul "Millions head to the polls in Jakarta governor election". "Pertarungan sudah menjadi hal signifikan karena politisi melihat jabatan itu sebagai batu loncatan untuk menjadi presiden pada 2019, namun keadaan menegang secara dramatis oleh kontroversi atas dugaan penistaan agama oleh Purnama."


Ketegangan dalam Pilkada DKI juga dibahas oleh media Australia, The Sydney Morning Herald, dengan judul "Religion politicised as tense Jakarta election goes down to the wire". Sementara ABC lebih menyoroti penjagaan ketat di pilkad dengan judul "Jakarta election: 64,000 police, soldiers deployed to prevent intimidation as voters head to polls".

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)