home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi Referensi dan Cara Jitu Prediksi Pilkada, Apa Sebenarnya Quick Count Itu?

Rabu, 19 April 2017 21:32 by reinasoebisono | 1118 hits
Jadi Referensi dan Cara Jitu Prediksi Pilkada, Apa Sebenarnya Quick Count Itu?
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Kegiatan hitung cepat alias quick count selalu hadir hampir di setiap pemilihan umum Indonesia. Mulai dari tingkat kota hingga Pemilu Presiden, termasuk Pilkada DKI Jakarta yang hari ini digelar untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur ibukota.

Menariknya, prediksi quick count hampir selalu benar atau mewakili hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum atau KPU yang baru akan diumumkan secara real beberapa hari ke depan. Lalu bagaimana lembaga-lembaga survei tersebut memprediksi pemenang hanya dalam waktu beberapa jam setelah pemungutan suara?

Beda Quick Count dan Exit Poll

Perlu diketahui jika quick count berbeda dengan exit poll. Quick count menggunakan hasil penghitungan suara di TPS sebagai sampling. Karena itu semakin banyak TPS yang digunakan sebagai sampling hasilnya akan semakin akurat. Sedangkan exit poll adalah menanyai orang yang baru keluar dari bilik suara dengan tujuan memetakan demografi pemilih seperti usia, agama atau suku, bukan memprediksi hasil.


Suasana penghitungan salah satu lembaga quick count (Kompas)

Beda Antar Lembaga

Setiap lembaga survei memiliki jumlah sampel, sebaran sampel dan derajat keacakan yang berbeda. Karena itulah hasil yang diberikan setiap lembaga survei tidak sama presentasenya, meski peringkat atau urutan jumlah suara tidak berbeda.

Baca juga: Pengakuan Adanya Permintaan Peserta Demo 212 ke Partai dalam Peran Kemenangan Anies-Sandi

Relawan

Quick count dan survei adalah kegiatan legal, sehingga pelaku atau relawannya pun bersifat resmi. Para relawan ini bertugas memantau TPS dan melakukan rekapitulasi suara untuk dikirim ke pusat. Para relawan direkrut berdasarkan asal kelurahan agar lebih mengetahui tantangan geografis dan sosial wilayah TPS.

Setiap relawan punya prosedur, kuesionernya pun ditandatangani atau dicap oleh KPPS setempat sebagai bukti jika relawan ada di TPS. Meski tak ada yang tahu pasti berapa honor para relawan yang diakui beberapa lembaga sebagai bagian pengeluaran terbesar dalam quick count.

Cara Membaca Quick Count

Cara membaca quick count adalah perhatikan margin of error. Contoh, jika paslon A mendapat 47.8% dengan margin of error 1%, maka suara sebenarnya berada di kisaran 46.8% hingga 48.8%. Jika selisih 2 paslon lebih besar dari 2 kali lipat margin of error, maka hasil quick count akan menyerupai real count.

(rei/CNN/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)