home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Restoran Ayam Cepat Saji Korea Dituntut Oleh Brand Fashion Louis Vuitton, Kenapa?

Jumat, 21 April 2017 09:00 by muthiasp | 2446 hits
Restoran Ayam Cepat Saji Korea Dituntut Oleh Brand Fashion Louis Vuitton, Kenapa?
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Hampir semua di dunia ini sudah menggunakan yang namanya hak paten. Sehingga tidak semudah itu untuk mengklaim sesuatu yang sudah menjadi milik atau ciri khas dari orang lain. Namun, pemilik restoran ayam goreng cepat saji di Korea sepertinya tidak mengindahkan peraturan tersebut.

Seorang pria bernama Kim mendirikan restoran ayam cepat saji yang diberi nama sama seperti brand fashion terkenal Louis Vuitton, yakni ‘LOUISVUI TON DAK’. 'Tondak' dalam bahasa Korea berarti satu ekor ayam. Tak hanya nama restorannya saja, tetapi mulai dari bungkus hingga tisu atau sapu tangan yang dikenakan juga ditempelkan logo brand mewah tersebut.

Pada September 2016 lalu, Louis Vuitton pernah melaporkan Kim ke Pengadilan Negeri Kota Seoul dan meminta agar restoran cepat saji itu diboikot atas penggunaan nama dan logonya. Sebulan kemudian, pengadilan negeri mengabulkan permintaan itu, dan Kim harus membayar denda sebesar 500 ribu won atau sekitar 5,8 juta per hari, sebanyak jumlah hari restorannya beroperasi dengan nama tersebut.

Baca juga: Canggihnya Gerai KFC di China yang Gunakan Senyum Sebagai Metode Pembayaran

Bukannya mengganti nama, Kim justru hanya mengubah komposisi nama restorannya menjadi ‘chaLOUISVUI TONDAK’. Untuk kedua kalinya, Louis Vuitton kembali mengajukan gugatan kepada Kim sebesar 167 juta rupiah lebih untuk 29 hari restoran dengan nama baru itu dibuka.


Pihak pengadilan negeri pun langsung mengabulkan gugatan tersebut dan meminta Kim segera membayar dendanya, “Meskipun dia mengganti nama dengan perbedaan susunan, dua nama itu terdengar hampir sama. Jadi dia melanggar peraturan pengadilan dan harus membayar denda,” ujar perwakilan Pengadilan Negeri Kota Seoul.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)