home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berat Badan Hingga Stres, Berbagai Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Kekacauan Siklus Menstruasi

Selasa, 25 April 2017 16:00 by fzhchyn | 2945 hits
Berat Badan Hingga Stres, Berbagai Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Kekacauan Siklus Menstruasi
Image source: Medical News Today

DREAMERS.ID - Tak bisa dipungkiri bahwa kaum wanita kadang merasa gelisah jika terlambat datang bulan. Tak hanya disebabkan oleh kehamilan, terlambat menstruasi atau bahkan sama sekali tidak menstruasi dalam beberapa periode bisa menjadi indikasi ada yang salah dalam tubuh.

Melansir laman Health, Mary Rosser, MD, PhD, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Montefiore Medical Center di New York menjelaskan bahwa ada sejumlah alasan kenapa wanita bisa mengalami keterlambatan menstruasi.

1. Berat badan
Terjadi perubahan berat badan yang cukup signifikan, apakah itu turun atau naik dapat mempengaruhi jadwal menstruasi. Dr. Rosser mengatakan bahwa jika kita mengalami penurunan atau kenaikan sebanyak 10% dari berat badan sebelumnya, bisa jadi kita tidak menstruasi dalam satu periode.

2. Olahraga
Berolahraga memang baik untuk menjaga tubuh tetap bugar dan fit. Tapi terlalu berlebihan dapat menyebabkan periode menstruasi kamu terganggu. Karena olahraga yang terlalu ekstrem membuat hormon reproduksi tidak sinkron. Hal ini biasa terjadi pada pelari marathon atau penari balet.

Baca juga: Mantan Idol K-Pop Ungkap Kesulitan Para Girl Group Hadapi Menstruasi

3. Stres
Tak hanya stres secara fisik yang bisa mengacaukan siklus menstruasi, tapi stres secara mental juga. Jadi saat kamu stres dengan pekerjaan atau masalah pribadi, jangan heran kalau kemu mendapati haid yang tidak teratur.

4. Obat-obatan
Beberapa obat-obatan dapat mempengaruhi siklus menstruasi seseorang.  seperti obat antidepresan, obat psikiatri, obat kemoterapi, dan obat KB.

5. Masalah tiroid
Tiroid adalah kelenjar di leher yang biasa kita kenal dengan kelenjar gondok. Nah jika kelenjar ini terlalu aktif atau kurang aktif, maka akan berpengaruh ke siklus haid, kata Dr. Rosser.

6. Tubuh masih mengalami perubahan
Bagi para remaja yang masih dalam masa pertumbuhan, terlambat datang bulan juga bisa menjadi hal yang normal. Saat hormon berubah dengan cepat, tubuh perlu waktu untuk mengejar ketinggalan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)