home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Warga Tolak Penggusuran, PT KAI Pastikan Bongkar Sejumlah Bangunan di Manggarai

Rabu, 26 April 2017 12:00 by fzhchyn | 1084 hits
Warga Tolak Penggusuran, PT KAI Pastikan Bongkar Sejumlah Bangunan di Manggarai
Image source: aktual.com

DREAMERS.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan membangun proyek Double Double Track (DDT) Manggarai-Soekarno Hatta. Kereta yang akan beroperasi ditargetkan dapat mengangkut 33.000 penumpang per hari atau sekitar 20 persen dari jumlah penumpang bandara.

Untuk menyukseskan proyek ini, PT KAI sendiri sudah melayangkan Surat Peringatan (SP) ke-3, Selasa (25/4) kemarin. Warga yang rumahnya terdampak untuk salah satu proyek strategis nasional pemerintah Presiden Joko Widodo itu, wajib dikosong pada tengah malam tadi.

Dalam dokumen resminya, BUMN itu menyatakan ada 11 bangunan yang akan digusur seluas 1.150 meter persegi. Ini terdiri dari empat bangunan hunian dan satu bangunan berupa bengkel sekaligus area parkir di RT 1 RW 12. Lainnya adalah enam bangunan hunian di RT 2 RW 12.

Terkait aksi penggusuran ini, ratusan warga Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan, mengancam memblokade rel kereta api di Stasiun Manggarai jika ada upaya paksa dari aparat keamanan terkait rencana penggusuran untuk proyek DDT Manggarai-Soekarno Hatta.

Baca juga: Ayo Catat, GeNose Tak Lagi Berlaku Sebagai Syarat Perjalanan Kereta Jarak Jauh!

Kuasa hukum warga Nurharis Wijaya mengatakan saat ini ratusan warga sudah berkumpul di area tersebut untuk bersiap-siap menolak rencana paksa penggusuran PT KAI. Diketahui, personel TNI dan Brimob sudah hadir di area stasiun wilayah tersebut sejak pagi tadi.

“Tindakan blokade rel itu bisa dilakukan, jika KAI tak kooperatif dan melibatkan aparat yang bukan kewenangannya,” kata Nurharis yang berada di lokasi bersama warga. Sebelumnya, warga Manggarai juga telah melaporkan rencana penggusuran itu ke Komnas HAM dan Ombudsman.

Meski ada penolakan dari warga, PT KAI memastikan bakal meratakan sejumlah bangunan warga. "Hari ini akan dilaksanakan penertiban," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, Rabu (26/4) di tempat terpisah.

Suprapto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan petugas untuk melakukan pembongkaran bangunan yang terdiri dari, sepuluh hunian dan satu bengkel. Menurut dia, siang nanti petugas akan bergerak ke rumah-rumah warga tersebut. "Agak siangan mungkin," ujarnya singkat.

(fzh/CNN)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)