home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Simpel Ponsel Harus Dimatikan di Pesawat daripada Aktifkan Mode Airplane

Senin, 01 Mei 2017 16:06 by reinasoebisono | 3256 hits
Alasan Simpel Ponsel Harus Dimatikan di Pesawat daripada Aktifkan Mode Airplane
Image source: Verizon

DREAMERS.ID - Ponsel zaman sekarang memang sudah memiliki mode khusus pesawat terbang atau airplane mode yang akan menonaktifkan seluruh fungsi komunikasi. Hanya saja, pengguna masih bisa menggunakan ponselnya karena tidak dalam kondisi mati.

Namun, melansir Tribunnews, kru kabin pesawat terbang seringkali tetap meminta penumpang untuk mematikan ponsel seluruhnya ketimbang hanya mengaktifkan airplane mode. Hal ini diminta terutama saat proses lepas landas dan mendarat. Sebenarnya apa alasannya?

Alasannya sangat sederhana dan tidak serta merta tentang ancaman teknis seperti yang selama ini dipikirkan. Membuat radar dan alat komunikasi pesawat mati? Bukan karena itu, Dreamers, alasannya lebih ke masalah psikologis penumpang.

Ternyata, alasan mematikan ponsel saat terbang dengan pesawat adalah untuk meningkatkan konsentrasi penumpang. Termasuk alasan kru kabin meminta seluruh penumpang melepaskan earphone dan headset yang dipakai saat lepas landas dan mendarat.


Image source: pocketnews

Baca juga: Heboh, 4 Anak Berhasil Bertahan Hidup di Hutan Amazon Pasca Kecelakaan Pesawat Cessna 206!

Yang ditekankan adalah agar konsentrasi penumpang tak terganggu dan lebih mampu mendeteksi situasi darurat serta fokus pada situasi di sekitarnya. Menggunakan perangkat gadget dipercaya akan membuat perhatian penumpang teralihkan.

“Seharusnya, kita fokus terhadap situasi di sekitar, agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, terutama saat proses lepas landas dan mendarat, penumpang bisa merespon kejadian darurat dengan cepat,” ujar seorang kru kabin maskapai berwarna latar merah.

Karena itu, pengguna gadget seringkali tak mampu merespon suatu kejadian terutama dalam situasi darurat yang diperlukan untuk menyelamatkan diri secara cepat. Penumpang biasanya baru diizinkan menggunakan kembali gadget saat pesawat telah memasuki ketinggian jelajah.

Tak hanya pada saat lepas landas atau mendarat, kru kabin akan kembali melarang penggunaan gadget jika pesawat dihadang kondisi cuaca yang buruk. Intinya, tetap fokus pada keadaan sekitar saat di pesawat terbang terutama saat terjadi situasi darurat dan turbulensi ya, Dreamers.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)