home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kemenkum HAM Riau Beri Tanggapan Soal Pelayanan Buruk yang Jadi Alasan Napi Kabur

Sabtu, 06 Mei 2017 15:00 by tyassss | 1496 hits
Kemenkum HAM Riau Beri Tanggapan Soal Pelayanan Buruk yang Jadi Alasan Napi Kabur
Image source: merdeka

DREAMERS.ID - Kaburnya lebih dari 200 tahanan dari Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Jalan Hangtuah, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru Riau, pada Jumat (05/05) kemarin tak hanya menjadi sorotan di kalangan masyarakat Riau tetapi juga hampir ke seluruh Indonesia.

Menurut Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo, alasan para tahanan kabur adalah karena sudah tak tahan dengan kondisi Rutan yang tidak sesuai. Karena selain kesehatan tidak terjamin, para tahanan juga kerap dimintai pungutan liar.

Sebelum kabur, para tahanan juga sempat melakukan unjuk rasa kepada sipir Rutan. Menanggapi keluhan ini, pihak Kanwil Kemenkum HAM Riau angkat bicara dan mengatakan bahwa selama ini tak pernah mendengar keluhan apapun dari tahanan.

Baca juga: Duh, Pelajar di Riau Bertemu Harimau Saat Perjalanan Berangkat Ke Sekolah!

"Saya tak dengar, setelah kejadian ini baru saya tahu. Saya tidak dapat keluhan itu dan sekarang baru terang benderang," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ferdinand Siagian di Pekanbaru, dikutip dari Antara, Sabtu (06/05).

Selain itu, Ferdinand juga mengatakan akan memeriksa kebenaran atas kabar dugaan pungli yang dilakukan sipir pada tahanan. "Saya tak tahu kalau ada pungli, saya sering cek, tapi memang tak ada laporan pungli. Kita akan lakukan pemeriksaan secepatnya," ujarnya.

Menindaklanjuti banyaknya kelurahan para tahanan, pihaknya akan melakukan rapat dengan pihak sipir. Sehingga apa yang menjadi masalah hingga tahanan protes lalu kabur, segera selesai dan peristiwa serupa tak terulang kembali.

(tys/merdeka)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)