home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenalan dengan SOCA Bandung, Aplikasi Revolusioner Buatan Alumni ITB

Rabu, 10 Mei 2017 10:30 by dodo07 | 2355 hits
Kenalan dengan SOCA Bandung, Aplikasi Revolusioner Buatan Alumni ITB
Image source: techno

DREAMERS.ID - Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki berbagai permasalahan sosial seperti kemacetan, pelanggaran lalu lintas, sampah, dan sebagainya. Karena banyaknya masalah yang terjadi, Alumni ITB Angkatan 1974 lantas mengambil satu langkah inovatif dalam membantu Pemerintah Bandung dengan menciptakan aplikasi SOCA Bandung.

Dilaporkan koresponden Dreamers, Afroh, aplikasi SOCA dibuat dengan tujuan memudahkan masyarakat Bandung melakukan pelaporan dan promosi kota melalui foto. Masyarakat bisa melaporkan masalah yang terjadi secara langsung kepada pemerintah untuk ditindaklanjuti dengan cepat. Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan promosi apapun terkait dengan Kota Bandung, seperti tempat wisata, kuliner, kegiatan komunitas, dan lain-lain.


Image source: dreamers

Fungsi utama aplikasi ini adalah mengumpulkan dan memantau laporan warga maka SOCA Bandung telah terintegrasi langsung dengan aplikasi Lapor milik UKP4 (Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan). Laporan-laporan kejadian Kota Bandung yang diposting oleh warga tidak hanya dipantau oleh Pemerintah Kota Bandung saja, melainkan langsung dimonitor oleh UKP4.

Baca juga: Keren Banget! Game Besutan Developer Bandung ‘Cursed Mansion’ Rilis di Steam

Dalam penggunaannya, SOCA menggunakan konsep yang serupa dengan aplikasi Instagram dengan lebih mudah dan sederhana. Pada laman beranda, terdapat foto-foto yang dikirimkan oleh para pengguna SOCA. Ketika membuka aplikasi ini, akan terlihat dua pilihan apakah pengguna ingin membuat laporan atau membuat promosi.

Sayangnya, meski aplikasi yang telah dilaunching oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil ini sangat fungsional, namun hingga kini SOCA Bandung masih belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Bandung dengan baik. Jumlah pengunduhnya di PlayStore hingga 05 Mei 2017 tercatat sekitar 500 pengguna smartphone.

Padahal, selain untuk membantu Pemerintah Kota Bandung memantau permasalahan dan kejadian yang terjadi, aplikasi ini juga sangat membantu dalam mewujudkan Kota Bandung sebagai Smart City.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)