home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siapa Sosok Ferdinand Monoyer di Google Doodle Hari Ini?

Selasa, 09 Mei 2017 12:00 by fzhchyn | 2277 hits
Siapa Sosok Ferdinand Monoyer di Google Doodle Hari Ini?
Image source: Google

DREAMERS.ID - Ada sepasang mata di halaman utama Google hari ini. Tak hanya ilustrasi mata yang berkedip dengan berbagai ekspresi, pada bagian kanan juga ada sebuah tabel berisi deretan abjad, yang biasanya digunakan untuk pemeriksaan mata.

Saat meng-hover kursor ke arah ilustrasi mata dan tabel tersebut, akan terlihat jika Google Doodle pada 9 Mei hari ini tengah merayakan ulang tahun seorang pria bernama Ferdinand Monoyer yang ke-181. Lalu siapa sosok Ferdinand Monoyer ini?

Dilansir dari laman Telegraph, Monoyer adalah dokter asal Prancis yang lahir pada 9 Mei 1836 silam. Ia merupakan pelopor dalam cara kita mengukur penglihatan mata. Monoyer besar di Lyon sebelum pindah ke Universitas Strasbourg pada 1871. Namun ia akhirnya kembali ke Lyon dan meninggal di usia 76 pada 1912.

Baca juga: 5 Permainan Google Doodle Paling Populer di Tahun 2020

Semasa hidupnya, Ferdinand Monoyer dikenal sebagai orang yang memperkenalkan diopter atau satuan pengukur kekuatan optik dan tabel Monoyer. Tabel Monoyer yang diciptakan Ferdinand memiliki bentuk serupa dengan tabel yang ditampilkan di sisi kanan Google Doodle hari ini. Fungsi tabel Monoyer adalah untuk menguji kemampuan visual mata seseorang.


Image source: Villa Monoyer

Mengutip laporan Kompas, setiap deretan huruf dalam table Monoyer ini mewakili ukuran diopter, dari paling kecil hingga paling besar. Selain itu, deretan huruf itu mewakili ukuran jarak yang diperlukan agar seseorang bisa membacanya.

Pada masa 100 tahun lalu, tabel Monoyer tersebut merupakan tabel pengujian mata pertama yang dibuat dengan sistem desimal. Dalam tabel pengecekan mata ini tersembunyi deretan huruf yang mengeja nama penemuanya, yakni Ferdinand Monoyer. Deretan huruf tersebut disusun terbalik, dari bawah ke atas, dan disematkan kanan dan kiri tabel. Apa kamu dapat melihatnya, Dreamers?

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)