home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Status Afi Nihaya Kembali Jadi Viral Setelah 'Sindir' Soal Keberagaman

Jumat, 19 Mei 2017 10:21 by dodo07 | 3337 hits
Status Afi Nihaya Kembali Jadi Viral Setelah 'Sindir' Soal Keberagaman
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Nama Afi Nihaya Faradisa belakangan ini kembali jadi perbincangan setelah tulisan status terbarunya di akun Facebook pribadinya. Siswi SMA Gambiran, Banyuwangi, Jawa Tengah memang telah dikenal publik kerap menulis status yang kritis dan inspiratif.

Jika sebelumnya gadis cerdas ini membahas eksperimen tidak menggunakan gadget selama beberapa hari, di status yang ia tulis pada Senin (15/5) lalu, membahas tentang keberagaman dengan judul ‘Warisan’.


Image source: facebook.com/afinihaya

Melalui tulisannya itu, Afi mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk menjaga toleransi khususnya di media sosial yang rawan dengan gesekan-gesekan antar penggunanya. Ia juga menyoroti soal identitas, seperti agama, suku, ras yang maupun kebangsaan merupakan warisan dari orang tua.

Baca juga: Curhatan Afi Nihaya yang Minta Dimaafkan karena Plagiat Status Facebook

“Kebetulan saya lahir di Indonesia dari pasangan muslim, maka saya beragama Islam. Seandainya saja saya lahir di Swedia atau Israel dari keluarga Kristen atau Yahudi, apakah ada jaminan bahwa hari ini saya memeluk Islam sebagai agama saya? Tidak.”


Image source: facebook.com/afinihaya

“Saya tidak bisa memilih dari mana saya akan lahir dan di mana saya akan tinggal setelah dilahirkan. Kewarganegaraan saya warisan, nama saya warisan, dan agama saya juga warisan. Untungnya, saya belum pernah bersitegang dengan orang-orang yang memiliki warisan berbeda-beda karena saya tahu bahwa mereka juga tidak bisa memilih apa yang akan mereka terima sebagai warisan dari orangtua dan negara”.

Afi juga mengajak pada seluruh rakyat Indonesia untuk lebih menghayati Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan juga semboyan Bhinneka Tunggal Ika agara kehidupan toleransi beragama tetap terjaga, “Kita tidak harus berpikiran sama, tapi marilah kita sama-sama berpikir" tulis Afi Nihaya Faradisa, sebagai penutup.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)