home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wakil Presiden Jusuf Kalla Beri Kuliah Umum di Oxford Soal Islam dan Vonis Ahok

Sabtu, 20 Mei 2017 14:30 by Dits | 1342 hits
Wakil Presiden Jusuf Kalla Beri Kuliah Umum di Oxford Soal Islam dan Vonis Ahok
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan kuliah umum di Pusat Kajian Islam Oxford (Oxford Centre for Islamic Studies/OSIC) pada Kamis (18/5) malam atau Jumat (19/5) WIB. Dalam kesempatan tersebut Kalla mengangkat tema kehidupan 'Islam Jalan Tengah' atau Islam toleran Indonesia.

Dalam kuliah umum yang dihadiri sekitar 200 orang yang terdiri dari pelajar Indonesia dan pelajar asing tersebut Kalla mengatakan meski Indonesia merupakan negara dengan penduduk Islam terbesar ketiga di dunia, akan tetapi Indonesia bukanlah negara Islam. Melainkan negara demokrasi dengan menjunjung tinggi nilai Pancasila berdasar pada prinsip Bhinneka Tunggal Ika, dan mengedepankan toleransi serta perdamaian dalam keberagaman. 

"Dasar negara kami adalah Pancasila, yang menempatkan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama. Sekali pun Indonesia 88 persen penduduknya adalah Muslim, Indonesia bukanlah negara Islam," kata Kalla mengutip Antara, Jumat (19/5).

"Islam di Indonesia berkembang dengan kedamaian, yang pada abad kedelapan dan kesembilan dibawa oleh imam Sufi dan pedagang Arab untuk menyatu dengan kebudayaan dan kearifan lokal di Tanah Air. Sehingga, kemudian Islam ini menjadi suatu Islam Jalan Tengah atau Wasatiyah," ujarnya.


image source: bbc.com

Mengacu pada kasus vonis Gubernur non aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang divonis selama dua tahun terkait penodaan agama, Kalla juga meminta agar semua pihak dapat menghargai proses hukum yang berlangsung di Indonesia.

Dalam sebuah sesi tanya jawab, ia menegaskan kalau kasus yang menimpa Ahok bukanlah diskriminasi agama melainkan soal penghinaan agama. Negara-negara lain juga punya aturan untuk penghinaan, seperti Thailand yang memiliki aturan bahwa raja dan kerajaan tak boleh dihina. 

Baca juga: JK Resmi Dukung AMIN, Apa Respon Ganjar dan Prabowo?

"Ini soal demokrasi. Dalam demokrasi Anda harus siap menerima kemenangan dan kekalahan. Jika Anda kalah, Anda harus menerima kekalahan," kata Kalla.

"Anda menghina raja, Anda akan dipenjara. Sama dengan di negara-negara lain, termasuk Indonesia. Anda tak boleh menghina agama dan Ahok, menurut pengadilan -setelah enam bulan menggelar perkara- bersalah," pungkasnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan berbagai organisasi Islam -yang banyak didirikan di era penjajahan Belanda- mengadopsi Islam Jalan Tengah atau Wasatiyah seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah yang diperkirakan punya anggota sekitar 100 juta orang. Ormas tersebut berhasil meredam kelompok menyimpang yang membawa ideologi radikal.

"Dua organisasi ini bersama dengan organisasi-organsasi lain di seluruh Indonesia secara konsisten menyampaikan pesan-pesan antiterorisme dan mendorong toleransi, tambahnya.

Pada akhir kuliah umum, Kalla lantas mengingatkan kepada generasi muda agar  mengetahui betapa pentingnya penghormatan atas keberagaman.

(dits/BBC/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)