home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sederet Objek Tata Surya Ini Akan Hiasi Langit Malam Awal Ramadhan 2017

Jumat, 26 Mei 2017 18:10 by muthiasp | 3527 hits
Sederet Objek Tata Surya Ini Akan Hiasi Langit Malam Awal Ramadhan 2017
Image source: infoastronomi.org

DREAMERS.ID - Tak terasa kini umat muslim kembali melaksanakan ibadah puasa. Awal ramadhan tahun ini juga semakin meriah dengan keindangan langit malam yang akan dihiasi oleh sederet objek tata surya menarik, dan yang cukup langka menampakkan dirinya.

Objek tata surya tersebut nantinya ada yang bisa dilihat dengan mata telanjang, ada pulang yang harus dengan bantuan teleskop. Dilansir dari laman Kompas, bertepatan dengan hilal yang kemungkinan besar akan jatuh di hari Jumat (26/05) ini, akan ada bintang paling terang yang bisa dilihat dari bumi, yakni Sirius.

Namun sayangnya, sinar matahari tenggelam bisa saja memudarkan keterangan cahaya yang dipantulkan bintang Sirius, sehingga hanya bisa dilihat menggunakan teleskop. Sirius sendiri punya arti yang penting dalam Islam, yang dipercaya menyertai perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.


Image source: Kompas

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

Sementara itu malam harinya, planet terbesar Jupiter akan menampakkan dirinya, dan akan terlihat cukup terang sehingga bisa disaksikan dengan mata telanjang. Semakin malam Jupiter akan bergeser ke arah barat hingga waktu sahur. Tak sendiri, Jupiter juga akan didampingi oleh Saturnus.

Namun, karena jaraknya yang lebih jauh dari Jupiter maka planet Saturnus akan tampak sangat redup, dan tak bisa dilihat dengan kasat mata. Setelah sahur menjelang subuh, giliran si Venus yang menghiasi langit dan bisa dilihat tanpa bantuan teleskop.

Selain penampakan planet, Ramadhan kali ini juga akan dihiasi fenomena menarik lain. Salah satunya, matahari akan tepat berada di atas Ka'bah saat Ramadhan.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)