home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pentingnya Memilih Makanan Sehat Agar Kuat Menahan Lapar Saat Puasa

Selasa, 30 Mei 2017 16:45 by fzhchyn | 2281 hits
Pentingnya Memilih Makanan Sehat Agar Kuat Menahan Lapar Saat Puasa
Image source: Getty Images

DREAMERS.ID - Menahan lapar dan haus selama belasan jam merupakan tantangan yang harus dijalani selama menjalankan ibadah puasa. Agar lancar menjalankan ibadah puasa, kita pun harus pintar-pintar dalam memilih asupan makanan.

Untuk menjaga perut tidak cepat lapar padahal waktu berbuka masih lama, pilih makanan yang kaya akan sumber serat saat sahur, antara lain karbohidrat kompleks seperti beras merah, oatmeal, serta sayur dan buah-buahan.

Untuk buah, ada beberapa pilihan yang tinggi serat dan mengenyangkan, salah satunya adalah kiwi. Menurut Dr.Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, buah kiwi termasuk dalam buah yang padat gizi karena kandungan vitamin C-nya melebihi buah jeruk.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

"Selain itu buah ini juga kaya serat dan kandungan indeks glikemiknya rendah. Ini berarti, konsumsi buah kiwi tidak cepat menaikan dan menurunkan kadar gula darah. Gula darah yang stabil akan membantu rasa kenyang lebih lama," kata dr.Fiastuti, mengutip Kompas.

Ia juga menjelaskan jika makanan yang memiliki nilai indeks glikemik tinggi akan dicerna dan diserap tubuh secara cepat, sehingga menyebabkan gula darah melonjak dan menurun dengan cepat. Tubuh pun kehilangan energi lebih cepat sehingga merasa lemas. "Buah yang kandungan seratnya tinggi juga membantu menurunkan kolesterol," ujar staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Selain kiwi, buah-buahan lain yang juga tinggi serat antara lain kurma, buah pepaya, dan juga raisin. Makanan sumber serat itu juga memiliki manfaat yang luas, misalnya menjaga berat badan, mencegah penyakit kronik, serta menyehatkan kulit. Setiap hari kita dianjurkan mengonsumsi 5 porsi buah dan sayuran. Selama berpuasa, buah bisa dikonsumsi saat sahur, berbuka puasa, atau pun setelah tarawih.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)