home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk, Simak Tips Kontrol Keuangan Agar Gak 'Kebobolan' Selama Bulan Ramadhan!

Minggu, 04 Juni 2017 23:00 by tyassss | 2529 hits
Yuk, Simak Tips Kontrol Keuangan Agar Gak 'Kebobolan' Selama Bulan Ramadhan!
Image source: liveolive.com

DREAMERS.ID - Bagi sebagian orang, ramadhan menjadi satu momentum yang sangat dinantikan baik dalam urusan ibadah maupun kebutuhan sosial. Misalnya, menjadi ajang reuni dengan melakukan buka puasa bersama. Tetapi, biasanya di bulan penuh berkah ini juga banyak sale alias barang yang didiskon.

Para wanita terutama, pasti langsung hijau matanya bila melihat tanda diskon di sebuah pertokoan. Padahal, seharusnya di bulan puasa ini pengeluaran jauh lebih irit karena tidak jatah keluar untuk uang makan akan menjadi sedikit.

Untuk itu, agar tidak pusing memikirkan soal keuangan dan berfokus pada ibadah, berikut adalah beberapa langkah-langkah yang mungkin akan menjadi tips bagus untuk menghemat selama bulan ramadhan, melansir dari Liputan6:

Fokus pada kebutuhan

Selama bulan puasa, tradisi kemunculan hidangan-hidangan khas ramadhan membuat nilai belanja keluarga malah membengkak. Agar kondisi kantong Anda tetap terkendali, fokuslah hanya pada kebutuhan yang utama. Tidak setiap hari Anda perlu memasak dengan hidangan yang berlebihan. 

Buat rencana menu satu bulan

Untuk membantu fokus pada kebutuhan yang utama, buatlah daftar menu untuk keluarga. Membuat rencana menu selama satu bulan bisa membantu dalam menyeleksi mana saja barang yang memang dibutuhkan dan mana yang kurang dibutuhkan.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

Misalnya, apakah perlu menyajikan takjil setiap hari dalam bentuk hidangan spesial yang menguras banyak uang? Takjil dengan sepiring buah segar boleh jadi lebih murah dan sudah pasti lebih sehat.

Belanja lebih awal

Berbelanja lebih awal sebelum kedatangan bulan puasa akan membantu dalam menghemat sekian rupiah. Pasalnya, semakin mendekati kedatangan hari pertama puasa, harga barang-barang semakin cepat tinggi. Sekali lagi, tak perlu menimbun barang berlebihan. Jadi, belilah sesuai kebutuhan dan perencanaan serta hitungannya.

Batasi acara buka puasa di luar rumah

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bulan puasa menjadi ajang berkumpul baik keluarga maupun bersama teman-teman. Tapi, hal itu tidak perlu dilakukan setiap akhir pekan. Dua kali berbuka bersama di luar rumah selama satu bulan, mungkin sudah cukup.

Cicil kebutuhan lebaran

Tentu lebaran yang akan menjadi puncak konsumsi masyarakat. Untuk itu, sedikit berhemat dengan cara mencicil pembelian kebutuhan untuk lebaran dari jauh-jauh hari. Ingat pula prinsip kebutuhan ketimbang keinginan. Bila pakaian lebaran tahun lalu masih bagus, sebaiknya tidak perlu membeli baju lagi untuk lebaran tahun ini.

(tys/liputan6)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)