home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Lancar Berpuasa Meski Lewatkan Makan Sahur

Jumat, 09 Juni 2017 10:15 by fzhchyn | 2094 hits
Tips Lancar Berpuasa Meski Lewatkan Makan Sahur
Image source: Getty Images

DREAMERS.ID - Memasuki minggu-minggu terakhir di bulan Ramadhan, orang cenderung malas bangun pagi untuk makan sahur. Hal ini dikarenakan tubuh sudah beradaptasi dan terbiasa menahan lapar. Namun meski begitu, makan sahur tetaplah penting untuk cadangan energi.

Nah agar ibadah puasa tetap lancar dan tak mengeluh lemas lantaran tak makan sahur, simak beberapa tipsnya yang dirangkun dari berbagai sumber berikut!

1. Sibukkan diri

Jika tidak sahur, maka potensi merasa lapar akan semakin besar. Jangan biarkan rasa lapar mengalahkan diri hingga membatalkan puasa. Menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas bisa mengalihkan fokus akan rasa lapar. Tidur mungkin menjadi pilihan sebagian besar orang, namun alangkah baiknya jika kita tetap produktif.

2. Jangan lakukan kegiatan yang berat

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

Tidak sahur tandanya asupan energi kita lebih berkurang. Sebaiknya jangan lakukan kegiatan yang sekiranya dapat memberatkan atau yang membuang banyak energi. Hal itu bisa membuat tubuh cepat lelah atau yang lebih buruk, bisa benar-benar menghabiskan energi sehingga bisa jatuh sakit.

3. Niat

Berpuasa bukan hanya perihal menahan haus atau lapar, namun juga merupakan bagian dari ibadah. Setiap kali mulai merasa lapar atau haus, ingat manfaat puasa untuk kesehatan. Kuatkan diri agar tidak terlalu mudah menyerah untuk menguatkan iman. Niscaya hal itu bisa membuat puasa menjadi lebih berarti.

4. Cukup makan di malam hari

Meski tak sahur, tapi usahakan tubuh cukup mendapat asupan makanan saat malam hari. Terutama makanan yang mengandung serat dan protein. Tak hanya itu, asupan cairan baik dari air atau buah dan sayur juga sangat penting untuk tubuh.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)