home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Album Baru G-Dragon Disebut Tak Bisa Masuk Perhitungan Gaon Chart, Kenapa?

Rabu, 14 Juni 2017 11:10 by muthiasp | 1349 hits
Album Baru G-Dragon Disebut Tak Bisa Masuk Perhitungan Gaon Chart, Kenapa?
Image source: @xxxibgdrgn

DREAMERS.ID - Setelah cukup lama dinantikan, G-Dragon akhirnya comeback solo dengan merilis mini album 'Kwon Ji Yong'. Lebih spesial lagi bentuk fisik albumnya itu yang unik dan tidak biasa, namun terancam tidak bisa masuk dalam perhitungan tangga musik terbesar Korea.

G-Dragon kali ini meluncurkan album fisik yang unik berupa USB. Bukan hanya mengundang rasa kagum, melainkan juga perdebatan diantara pengelola konten musik. Bentuknya yang tidak biasa membuat album USB itu sulit dikatakan sebagai album resmi, seperti yang berbentuk CD biasa.

Berdasarkan laporan dari outlet berita Hankook Ilbo, Korea Music Content Association telah memutuskan untuk menerima dan memasukkan album USB dalam perhitungan penjualan album. Keputusan itu diambil atas dasar pertimbangan bentuknya yang bisa beradaptasi dengan perubahan industri musik yang serba digital. Hanteo Chart juga telah mengumumkan hal yang serupa.

Baca juga: G-Dragon Bantah Rumor Comeback Bulan Agustus

Namun, Gaon Chart selaku tangga musik terbesar di Korea Selatan justru berpendapat sebaliknya. Mereka tidak akan memasukkan USB G-Dragon dalam perhitungan penjualan, lantaran USB tidak bisa disebut sebagai album. Hal tersebut karena USB itu bukan berisi lagu-lagu, melainkan situs untuk mengunduh dengan memasukkan kode unik.                       

Meski diwarnai dengan kontroversi mengenai fisiknya, namun pencapaian album comeback G-Dragon sangat sukses secara digital di Korea Selatan maupun dunia, dengan meraih predikat perfect all-kill. Banyak yang sudah memprediksi lagu andalan yang berjudul 'Untitled, 2014' akan tetap bisa memenangkan berbagai program musik mingguan.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Aktris Jang Gyuri, mantan member girl group fromis_9, dikonfirmasi comeback akting dengan drama baru!...
  • HOT !
    ACEMAKER MOVIEWORKS mengumumkan bahwa film bertabur bintang Wonderland akan tayang perdana pada tanggal 5 Juni di bioskop Korea Selatan....
  • HOT !
    BTS dan UNICEF mengumumkan inisiatif #OnMyMind, yang merupakan bagian kedua dari kampanye LOVE MYSELF mereka. Inisiatif baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung kesehatan mental remaja di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)