home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bersiap, Kemdikbud Sebut UN Tahun Depan Berbentuk Esai

Jumat, 16 Juni 2017 11:05 by reinasoebisono | 1370 hits
Bersiap, Kemdikbud Sebut UN Tahun Depan Berbentuk Esai
Image source: ujiannasional.org

DREAMERS.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengatakan jika saat ini baik guru maupun siswa belum menyadari jika Ujian Nasional atau UN dapat dijadikan pengukur ketuntasan belajar siswa. Karena itu, salah satu pengukur level tersebut dkatakan akan diaplikasikan di ujian tahun depan.

Kemdikbud menyebutkan jika soal UN tahun depan tidak lagi berbentuk pilihan ganda, melainkan esai. Jumlah satuan pendidikan yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pun dijelaskan dalam konferensi pers.

"Kami berusaha, mulai tahun depan soal UN tidak lagi pilihan ganda. Sehingga dapat mengukur level kognisi siswa lebih mendalam," ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, Nizam, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Baca juga: UN 2020 Resmi Dibatalkan, Diganti Nilai Rapor Jadi Standar Kelulusan?

UNBK SMP diikuti oleh 1.349.744 siswa. Meskipun demikian, dari segi persentase sekolah dan siswa UNBK jenjang SMP masih lebih rendah dari jenjang di atasnya, yakni 32 persen, karena jumlah siswa SMP/MTs jauh lebih banyak. Peserta ujian nasional jenjang SMP yang dilayani dengan kertas dan pensil (UNKP) sebanyak 2.855.633 siswa. 

Nizam juga turut menjelaskan jika pelaksanaan UN SMP tahun ini sepi dari isu kebocoran dan kecurangan pelaksanaan ujian. Alasan lainnya disebut Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad karena ketuntasan belajar tidak hanya diukur melalui nilai tapi apa yang harus dicapai siswa.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)