home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Sebenarnya Tomat Masuk Kategori Sayur atau Buah yang Kerap Jadi Perdebatan

Sabtu, 17 Juni 2017 13:32 by reinasoebisono | 3082 hits
Fakta Sebenarnya Tomat Masuk Kategori Sayur atau Buah yang Kerap Jadi Perdebatan
Image source: Pinterest

DREAMERS.ID - Tomat adalah salah satu sumber vitamin A yang baik dan menyegarkan untuk tubuh serta kulit. Tomat juga sering dijadikan masker penyembuh jerawat dan masih banyak sederet manfaat lain dari bahan makanan berwarna merah ini.

Namun yang sering jadi perdebatan adalah, tomat ini masuk kelompok buah atau sayuran? Percaya atau tidak, perdebatan ini sudah terjadi sejak lama pada abad ke-19. Pertanyaan ini muncul karena pengimpor berargumen tomat adalah buah, bukan sayuran. Karena jika buah, tomat bisa bebas dari pajak. Di sisi lain, dulu di Amerika ada aturan jika sayuran harus kena pajak impor 10%.

Nah, perdebatan ini kadang masih suka terjadi hingga sekarang. Padahal ada hal unik dari tomat yang dipercaya secara resmi mau pun secara keyakinan apakah tomat itu buah atau sayuran. Melansir Antara, tomat bisa jadi adalah keduanya, kok bisa?

Baca juga: Semangka Ternyata Bukan Buah, Simak Fakta Unik Tentang Sayur dan Buah yang Belum Kamu Tahu

Ternyata meski tomat itu secara teknis adalah buah, namun secara legal dan resmi tomat dianggap buah. Karena secara botani, tomat yang mengacu pada struktur bibit tanaman berbunga membuatnya masuk kategori ‘buah’.

Namun tomat diputuskan masuk ke kategori ‘sayuran’ karena sing dijadikan bahan memasak. Wajar, karena tomat memang sering dipakai untuk salad, sup atau sandwich ketimbang digunakan jadi kue, es krim atau dessert lain.

Well, sekarang kamu sudha tahu bagaimana menjawabnya jika menemukan perdebatan sayur atau buah dari tomat kan, Dreamers? ^^

(rei/Hijabkeren)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)