home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BPOM Nyatakan Samyang dan Dua Mie Instan Ini Mengandung Babi

Minggu, 18 Juni 2017 13:40 by muthiasp | 9320 hits
BPOM Nyatakan Samyang dan Dua Mie Instan Ini Mengandung Babi
Image source: eastway

DREAMERS.ID - BPOM belum lama ini merilis surat resmi perintah penarikan produk mie instan populer asal Korea Selatan, yang dinyatakan mengandung babi. Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan DKI Jakarta, Dewi Prawitasari.

Ia menyatakan bahwa empat produk mie instan asal Korea positif mengandung fragmen DNA spesifik babi. Keempat produk mengandung babi itu yakni Samyang dengan nama produk U-Dong, Samyang dengan nama produk Mie Instan Rasa Kimchi, Nongshim dengan nama produk Shin Ramyun Black, dan Ottogi dengan nama produk Yeul Ramen.


Image source: kumparan

Sesuai dengan isi surat nomor IN.08.04.532.06.17.2432, terdapat instruksi tegas terhadap mie instan tanpa peringatan ‘mengandung babi’ tersebut. Mulai dari importir yang harus melakukan penarikan produk-produknya, pencabutan nomor ijin edar, serta peringatan publik di laman Badan POM, yang ditujukan kepada seluruh Kepala Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Baca juga: Importir Jamin Dua Jenis Samyang Ini Tidak Mengandung Babi

"Yang menarik (produk) itu importir dan distributornya, serta penyalurnya. Balai POM mengawasi dan memastikan apakah produk tersebut masih ada di pasaran atau tidak. Jika masih ada, akan diamankan supaya tidak dijual ke masyarakat," kata Dewi, mengutip Kompas.

Pada surat resmi itu juga tercantum langkah pemantauan yang akan dilakukan BPOM di sarana distribusi retail produk pangan yang menjual produk termasuk diantaranya importir/distributor, toko, supermarket, hypermarket, pasar tradisional atau sarana yang sering melakukan pelanggaran.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)