home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Risiko Dehidrasi Saat Mudik Lebaran dengan Tips Berikut

Kamis, 22 Juni 2017 12:00 by fzhchyn | 2346 hits
Cegah Risiko Dehidrasi Saat Mudik Lebaran dengan Tips Berikut
Image source: Pinterest

DREAMERS.ID - Selelah apapun perjalan mudik jelang Lebaran, tetap saja banyak yang rela melakoninya demi berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman saat Hari Raya. Risiko macet yang terkadang bisa terjadi selama berjam-jam pun kerap membayangi bagi mereka yang menggunakan jalur darat.

Macet berkepanjangan ini bisa meningkatkan risiko terkena dehidrasi lebih tinggi. Kondisi inilah yang perlu diwaspadai karena bisa memperburuk kondisi kesehatan bagi yang punya riwayat penyakit kronis. "Buat anak muda yang memang sehat dan kondisi fisik prima serta tidak mempunyai penyakit kronik mungkin akan kuat menghadapi kondisi macet berlama-lama," kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, praktisi kesehatan dari RS Cipto Mangunkusumo.

"Tapi untuk orang tua dengan penyakit kronis misal sakit jantung atau sakit paru-paru atau penyakit DM (Diabetes Mellitus) tentu kondisi kondisi dehidrasi ini sangat berbahaya," lanjutnya.

Baca juga: Minat Berburu Flash Sale dan Diskon Tiket Mudik KAI? Cek Dulu Info Memesannya!

Risiko dehidrasi saat terjebak macet dalam perjalanan mudik antara lain dipicu oleh terbatasnya persediaan air. Di sisi lain, minimnya fasilitas toilet di jalur-jalur mudik juga membuat para pemudik enggan untuk minum banyak-banyak karena takut sering buang air kecil.

Terjebak macet berjam-jam dalam kabin mobil dengan AC menyala juga membuat kulit kering, sehingga tidak bisa mempertahankan cairan tubuh. Terlalu panas atau terlalu dingin memberikan risiko yang sama, yakni sama-sama bisa memicu dehidrasi.

Nah agar terhindari dari risiko tersebut, dr Ari berpesan untuk mempersiapkan fisik agar cukup prima saat berangkat mudik. Kebutuhan mium sebanyak 2 liter tiap 24 jam juga harus selalu dijaga dengan menyediakan air serta makanan yang cukup selama perjalanan. Selain itu sediakan buah-buahan seperti jeruk, apel atau pir yang bisa jadi sumber kalori, air, serat vitamin dan mineral.

(fzh/detik)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)