home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Banyak Hidangan Enak Saat Lebaran, Intip Tips Agar Tak Makan Berlebihan

Minggu, 25 Juni 2017 08:45 by fzhchyn | 2783 hits
Banyak Hidangan Enak Saat Lebaran, Intip Tips Agar Tak Makan Berlebihan
Image source: resephariini.com

DREAMERS.ID - Merayakan Hari Raya Idul Fitri sebagai tanda kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa biasa dilakukan dengan berkumpul dengan sanak saudara. Tak hanya itu, berbagai hidangan pun tak pernah luput di hari Lebaran yang siap disantap.

Banyaknya kue dan minuman manis serta makanan berlemak tentu akan merusak berat badan yang sudah dijaga saat menjalani puasa jika dikonsumsi secara berlebihan. Yuk simak tips agar tak makan berlebihan dan dan tetap ramping saat Lebaran, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengontrol diri dari 'balas dendam'

Setelah berpuasa selama sebulan, terdapat kecenderungan orang-orang untuk 'membalas dendam' dengan cara makan sesuka hati. Sebaiknya jangan 'kalap' saat menikmati sajian Lebaran. Jangan sampai pola sehat yang sudah dijaga saat berpuasa justru rusak saat Lebaran tiba.

2. Jangan lapar mata

Pada saat berkunjung ke rumah kerabat untuk silaturahim, jangan lapar mata karena banyak camilan yang disajikan di meja tamu. Porsi makan pun harus dibatasi dan harus ada niat dalam hati untuk mempertahankan berat badan yang sudah turun saat puasa.

3. Perhatikan waktu berkunjung

Jika memang berkunjung di waktu makan besar, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika berkunjung di waktu sore hari (bukan jam makan besar) maka sebaiknya ditahan, jangan sampai mengonsumsi makanan besar.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

4. Berjalan kaki

Saat bersilaturahim ke rumah kerabat dan tetangga, lebih baik untuk berjalan kaki jika jaraknya tidak terlalu jauh. Berjalan kaki paling tidak bisa membakar kalori yang dimiliki. Jangan lupa gunakan alas kaki yang nyaman sehingga tidak membuat cepat lelah.

5. Hindari camilan penuh kalori

Nastar, kue putri salju, dan kue kastengel kebanyakan matang dengan cara digoreng atau dioven dengan kandungan margarin atau mentega yang cukup tinggi. Dengan kata lain, camilan ini adalah sumber lemak. Bahkan karbohidrat pada tepung sebagai bahan utama akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak pula.

dr Titi Sekarindah, MS, SpGK menyebut kue nastar mengandung sekitar  70 kalori per buahnya, kue putri salju mengandung sekitar 50 kalori per buahnya, dan kue kastengel mengandung sekitar 40 kalori per buahnya. Jika berkunjung saat silaturahim, sebaiknya cukup mencoba 2 atau 3 potong saja.

6. Batasi minuman manis

Saat bersilaturahim kebanyakan rumah-rumah menyuguhkan minuman manis seperti es sirup dan minuman bersoda untuk menemani sajian aneka kue Lebaran. Berusahalah untuk mengontrol diri agar tidak meminumnya secara berlebihan. Sebab minuman tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi dan berpengaruh terhadap berat badan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)