home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Alasan Ilmiah Kerap Merasa Haus Setelah Makan Es Krim

Rabu, 05 Juli 2017 12:25 by dodo07 | 2841 hits
Inilah Alasan Ilmiah Kerap Merasa Haus Setelah Makan Es Krim
Image source: aminoapps

DREAMERS.ID - Kebanyakan orang mengakui jika suka menyantap es krim, khususnya saat cuaca siang hari yang panas. Namun, tidak sedikit orang yang mengaku kerap merasa haus setelah menyantap makanan bertekstur lembut dan manis ini. Ternyata ada sebuah alasan ilmiah kenapa kita kerap merasa haus setelah menyantap es krim.

Melansir Thisisinsider, pada umumnya es krim dibuat dengan bahan-bahan yang berasa manis. Saat sedang makan makanan manis, gula masuk ke aliran darah dan mulai disirkulasikan ke seluruh tubuh. Partikel gula lalu menyerap air dari sel tubuh sehingga membuat cadangan air dalam tubuh berkurang. Sel tubuh kemudian mengirim pesan ke otak, mengindikasikan tubuh untuk minum.


Image source: biggerbolderbaking

Hal itulah yang membuat tubuh merasa haus setelah makan es krim. Namun, hal ini tak hanya berlaku setelah makan es krim, karena reaksi haus ini juga kerap timbul usai melahap makanan manis lainnya. Hal ini dikarenakan bila otak merasa kelebihan gula, bagian otak yang disebut hipotalamus akan memicu rasa haus.

Baca juga: Jajan Waffle dan Es Krim Rekomendasi ATEEZ di Korea

Selain itu, es krim juga biasanya mengandung banyak sodium. Ini karena dalam pembuatan es krim, sodium atau garam berperan membuat campuran bahan es krim berada di bawah titik beku air tanpa mengubahnya jadi es batu. 

Sama halnya dengan gula, saat kita berlebihan mengonsumsi garam, tubuh juga menimbulkan rasa haus. Ini karena garam diserap ke aliran darah, darahpun akan jadi lebih kental. Hipotalamus kemudian bereaksi sama yaitu mengirimkan sinyal bahwa tubuh butuh air secepatnya.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)