home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Alasan Kenapa Makan Buah Sebaiknya Beserta Kulitnya

Kamis, 06 Juli 2017 16:00 by dodo07 | 2044 hits
Inilah Alasan Kenapa Makan Buah Sebaiknya Beserta Kulitnya
Image source: pinterest

DREAMERS.ID - Tidak sedikit orang yang menganjurkan jika menyantap buah sebaiknya beserta kulitnya karena dipercaya lebih sehat. Meski sebelumnya buah tersebut perlu dicuci dengan bersih dahulu, namun benarkan fakta memakan buah dengan kulitnya lebih sehat?

Beberapa buah seperti apel, anggur, plum, strawberry hingga jambu biji memang dianggap lebih sehat dan menyegarkan jika disantap beserta kulitnya. Hal ini ternyata diamini oleh Nadine Auon selaku ahli gizi yang mengatakan bahwa, kandungan vitamin dan nutrisi tertinggi memang ditemukan di kulit dan juga dagingnya.


Image source: liputan6

Misalnya saja apel, menurut United States Departement of Agriculture (USDA) mengonsumsi satu buah apel berukuran besar yang dimakan bersama dengan kulitnya akan mendapat asupan sekitar 5 gr serat, 13 mg kalsium, 239 mg kalium dan 10 mg vitamin C. Tetapi, jika dikonsumsi tanpa kulit, maka kandungan nutrisi satu buah apel menjadi 3 gram serat, 11 mg kalsium, 194 mg.

Baca juga: Semangka Ternyata Bukan Buah, Simak Fakta Unik Tentang Sayur dan Buah yang Belum Kamu Tahu

Hal serupa juga terjadi pada buah anggur. Anggur ungu diketahui mengandung antosianin, sedangkan anggur hijau menghasilkan lebih banyak tanin, terutama katekin. Senyawa antioksidan ini terkonsentrasi padat pada kulit dan juga biji. Sehingga dianjurkan untuk makan buah anggur beserta kulitnya. Lalu bagaiman dengan kulit pisang yang selama ini diketahui memiliki banyak nutrisi di kuitnya?

Kulit pisang diketahui mengandung lutein yang penting untuk penglihatan. Asam amino, triptofan lebih banyak terkandung pada bagian kulit dibandingkan buah, ini dapat membantu mengendalikan perubahan suasana hati. Meskipun rasanya pahit, akan tetapi kamu bisa mengupas bagian luar kulitnya dan mencampurkannya ke dalam smoothies ataupun merebus kulitnya beberapa menit hingga lembut.

Bisa juga dengan memanggang kulit pisang dalam oven selama 20 menit atau sampai kering lalu dijadikan teh. Namun, sebelum menyantap buah beserta kulitnya tersebut, pastikan untuk mencucinya dengan bersih terlebih dahulu agar membersihkannya dari sisa sisa pestisida yang mungkin menempel di kulit buah tersebut.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)