home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Aturan Jelas Calon Penumpang Wajib Lepas Beberapa Barang di Pemeriksaan Bandara

Kamis, 06 Juli 2017 19:15 by reinasoebisono | 3295 hits
Begini Aturan Jelas Calon Penumpang Wajib Lepas Beberapa Barang di Pemeriksaan Bandara
Image source: Wabe

DREAMERS.ID - Informasi terbaru terkait penamparan petugas Bandara Sam Ratulangi, istri jenderal polisi yang dipermasalahkan diketahui juga membuat laporan ke kepolisian. Masalah berawal ketika petugas keamanan bandara (Avsec) meminta wanita berinisial JOW itu melepas jam tangannya sebelum melewati metal detector. Merasa mendapat perlakuan tidak menyenangkan, JOW menampar seorang petugas wanita.


Image source: Detik

Padahal berdasarkan Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Tahun 2010, setiap penumpang, personel udara, dan orang perorangan wajib melepas jaket, ikat pinggang, jam tangan, dan mengeluarkan semua barang yang mengandung unsur logam dan meletakkan ke dalam wadah (tray) yang disediakan dan diperiksa melalui mesin X-ray.

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan peraturan ini ada dalam surat edaran tertulis, setelah Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan Nomor 127 Tahun 2015 terkait dengan program keamanan penerbangan nasional.


Image source: Detik

"Ada dalam surat edaran berikutnya, sebetulnya kan itu cukup jelas. Jadi masalah jam yang secara tertulis ada, itu hanya penegasan, bahwa untuk melaksanakan itu semua dicopot, termasuk jam tangan juga," kata Alvin mengutip Detik.

Baca juga: Momen Mengerikan yang Dialami Idol K-Pop di Bandara, Pernah Terjadi di Indonesia

Peraturan yang dimaksud adalah SKEP/2765/XII/2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara, dan Barang Bawaan yang Diangkut dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan. Alvin turut menjelaskan fase penumpang melakukan pengecekan logam.

"Bahkan ketika kita melalui metal detector, apabila metal detector itu masih bunyi, akan kelihatan bagian mana yang ada logam. Bahkan bisa diminta sepatu pun dicopot. Kalau setelah sepatu dicopot, kemudian arloji dicopot semuanya masih bunyi, itu akan dilakukan body check," ucap Alvin.


Image source: Detik

"Body check adalah ketika secara fisik badan kita akan diperiksa oleh petugas. Kalau proses raba badan ditemukan benda yang mencurigakan itu, akan ditarik kembali ke ruang pemeriksaan tertutup, di mana kita akan diminta untuk mencopot pakaian kita. Jadi itu standarnya begitu dan berlaku untuk siapa saja," tuturnya.

Tentu peraturan tersebut memiliki tujuan, yaitu menjamin keselamatan dan keamanan pengguna jasa yang akan masuk pesawat. Tugas personel keamanan bandara juga diatur dalam peraturan SKEP/2765/XII/2010 Pasal 23 ayat b, di mana petugas mengatur, memeriksa, dan mengarahkan, serta memastikan mantel, jaket, topi, ikat pinggang, ponsel, jam tangan, kunci, dan barang-barang yang mengandung unsur logam diperiksa melalui X-ray. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)