home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Presiden Jokowi Pindahkan Ibu Kota dari Jakarta

Jumat, 07 Juli 2017 11:50 by Dits | 3643 hits
Alasan Presiden Jokowi Pindahkan Ibu Kota dari Jakarta
Image source: AFP Photo

DREAMERS.ID -Pemerintah serius soal rencana memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Provinsi DKI Jakarta. Rencananya proses pemindahan ibu kota akan dilakukan pada 2018 mendatang, rencana tersebut telah didiskusikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Menurut Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, Presiden Jokowi juga menyampaikan beberapa alasan mengapa rencana pemindahan ibu kota perlu direalisasikan. 

"Karena pengalaman beliau (jadi Gubernur) di DKI. Beliau menyampaikan susah sekali membenahi kota Jakarta ini. Ongkos terlalu mahal, bukan hanya biaya ya, tapi ongkos politik, ongkos sosial," kata Teten di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, seperti dikutip dari laman Merdeka, Jumat (7/7). 

Tidak hanya kesulitan dalam membenahi Jakarta, namun pemindahan ibu kota juga sebagai cara agar pembangunan industri dapat merata. Menurut Teten, sejumlah negara pernah memindahkan ibu kota negaranya dengan cara memisah antara kota industri dagang dengan kota pemerintahan.

Baca juga: Pak Menteri Basuki, Istana Negara Ibu Kota Baru Nanti Akan Seperti Apa?

Teten lantas memberi contoh beberapa negara yang melakukan upaya tersebut seperti Brasil yang memindahkan ibu kota dari Rio de Janeiro ke Brasilia dan Australia yang juga memindahkan ibu kota dari Melbourne ke Canberra. 
 

Meski rencana pemindahan ibu kota digarap serius namun pemerintah belum memastikan daerah mana yang akan didapuk menjadi ibu kota negara yang baru. Pemerintah masih mencari kawasan yang dinilai tepat dan saat ini pulau Kalimantan masih menjadi salah satu wilayah yang cukup menjanjikan untuk dijadikan ibu kota baru,

"Ada banyak alternatif misalnya Kalimantan, daerahnya masih luas tidak ada gempa. Saya kira bagus," pungkasnya.

Lebih lanjut, nantinya anggaran pemindahan ibu kota diprediksi akan menggunakan anggaran swasta atau di luar Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)