home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengapa Tangerang, Bogor dan Sejumlah Kota Ini Diuntungkan Jika Pindah Ibu Kota dari Jakarta?

Minggu, 09 Juli 2017 13:35 by reinasoebisono | 2546 hits
Mengapa Tangerang, Bogor dan Sejumlah Kota Ini Diuntungkan Jika Pindah Ibu Kota dari Jakarta?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Bukan hanya untuk langkah pemerataan taraf hidup dan mengurangi padatnya penduduk di DKI Jakarta, wacana pemindahan ibu kota diyakini juga berdampak signifikan pada kota-kota penyangga. Seperti kota di sekeliling Jakarta yaitu Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok.

Pendapat ini disampaikan oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, melansir Tribunnews. Menurutnya, jika ibu kota dipindahkan ke tempat lain, kota penyangga di atas bisa fokus meningkatkan kualitas hidup warganya.

"Saya kira darerah penyangga akan lebih memiliki ruang, karena beban politis bisa berkurang, sehingga daerah penyangga bisa fokus mengembangkan investasi dan bisnis," jelasnya.

Hal ini juga didukung jika terlaksananya wacana tersebut, Jakarta akan jadi pusat bisnis yang akan sangat mempengaruhi kondisi bisnis dan keuangan kota sekitarnya. Perpindahan ini juga mampu mengurangi pertumbuhan penduduk dan arus migrasi di kota penyangga.

Baca juga: Pak Menteri Basuki, Istana Negara Ibu Kota Baru Nanti Akan Seperti Apa?

"Jadi bagi saya, Bogor sebagai Kota Penyangga akan diuntungkan bila wacana kepindahan Ibu Kota Negara benar terealisasi, terlebih kualitas hidup warga bisa ditingkatkan," katanya.

"Yang penting segera diputuskan saja, jangan terus menjadi wacana, tapi segera diputuskan di titik mana, karena prosesnya lama, tak sebentar bisa lima atau bahkan 10 tahun," tandasnya.

Namun ditemui di kesempatan lain sebelumnya, Presiden Jokowi masih enggan memberikan kepastian dan detail perihal perpindahan ibu kota ini. Namun ia berjanji akan mengumumkannya pada saat yang tepat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)