home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Korea Selatan Berencana Hapus Persyaratan Foto di CV Lamaran Kerja

Selasa, 11 Juli 2017 19:00 by muthiasp | 1572 hits
Presiden Korea Selatan Berencana Hapus Persyaratan Foto di CV Lamaran Kerja
Image source: news.joins

DREAMERS.ID - Saat akan mendaftar atau melamar suatu pekerjaan, hal utama yang diperlukan biasanya adalah CV (Curriculum Vitae). Selain rangkuman data diri, dalam lembaran itu juga terdapat pengalaman kerja dan juga foto sebagai pelengkapnya.

Namun penambahan foto pada lembaran CV lamaran kerja tampaknya akan hilang di Korea Selatan, atas usulan dari Presiden Moon Jae In. Usulan itu diajukan atas dasar kenyataan di lapangan yang menyatakan tidak sedikit pelamar kerja ditolak hanya karena penampilan atau wajahnya tidak sesuai dengan standar perusahaan.

Moon Jae In berharap sistem seperti itu bisa diubah dengan menerapkan aturan blind hiring atau ‘rekrut buta’ di sektor publik. Aturan ini nantinya membuat kemampuan dan karakter pelamar kerja lebih diutamakan untuk suatu pekerjaan dibanding penampilan, koneksi pribadi, atau latar belakang pendidikan.

Baca juga: Bekas Kediaman Presiden Korsel Cheong Wa Dae Semakin Ramai Dikunjungi Wisatawan

“Kecuali untuk pekerjaan yang membutuhkan tingkat pendidikan tertentu, kualifikasi, atau persyaratan fisik, saya percaya orang-orang tidak seharusnya mencantumkan pendidikan, kualifikasi, kampung halaman, ukuran tubuh, atau faktor diskriminatif lain di surat lamaran mereka,” ujarnya mengutip SBS News.

Beberapa perusahaan di sektor privat sudah menerapkan ‘rekrut buta’ ini di masa lalu dan hasilnya sangat bagus, “Jika kita melihat pada perusahaan-perusahaan di sektor privat yang mengadakan ‘rekrut buta’, ternyata sistem ini membantu mempekerjakan beberapa karyawan yang sangat terampil dan penuh semangat”.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)