home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cerita Model Kulit Hitam Pertama di Korea yang Sempat Dapat Perlakukan Rasis

Jumat, 14 Juli 2017 11:00 by fzhchyn | 1625 hits
Cerita Model Kulit Hitam Pertama di Korea yang Sempat Dapat Perlakukan Rasis
Image source: AFP

DREAMERS.ID - Sudah menjadi rahasia umum jika dunia modelling juga memiliki sisi gelap tersendiri, tak terkecuali di Korea Selatan. Meski dikenal sebagai negara yang maju dengan segala perkembangan teknologi dan budaya popnya, masyarakat Korsel masih tergolong rasis terutama bagi para pendatang.

Hal tersebut pernah dirasakan oleh Han Hyun Min, yang merupakan model kulit hitam pertama Korea Selatan. Dengan gayanya yang karismatik membuat Han Hyun Min kini menjadi model yang sedang naik daun di panggung mode Korsel.

Han Hyun Min terlahir sebagai anak dari ras campuran ayah yang berasal dari Nigeria. Hal itu membuatnya harus menghadapi diskriminasi yang kental di Negeri Ginseng. Bahkan ia dianggap sebagai 'mongrels', sebutan merendahkan untuk ras campuran di sana.

Kepada AFP, remaja 16 tahun ini menceritakan perlakuan rasis yang pernah diterimanya saat kecil. “Saat aku bermain dengan anak-anak lain di sekolah, beberapa ibu menyuruh anak-anaknya menjauhiku, mengatakan hal seperti “Jangan main dengan anak seperti itu.”” ceritanya.

Baca juga: Model Go So Hyun Ungkap Pengalamannya Bintangi MV BTS 'Boy in Luv'

Kiprah Han sebagai model diawali oleh temuan agen Youn Bum yang melihat model berkulit gelap seperti Han unik karena belum pernah ada di Korea sebelumnya. “Model fashion berkulit gelap seperti Han tidak pernah terdengar sebelumnya di Korea Selatan, jadi merekrutnya adalah pertaruhan besar," kata agen Youn Bum.

"Aku sempat ingin menghilang, dan benci dengan penampilan. Itu sebelum terjun ke dunia fashion," ujar Han. Sebelum ditemukan agen Youn Bum, Han menjalani dunia modeling lewat audisi, serta membagi postingan foto dirinya di media sosial. Menjadi model, kata dia, membuat dirinya lebih percaya diri.

Setelah pemotretan di jalanan Seoul yang mengesankan, Youn lalu langsung menandatangi kontrak kerjasama. Han kemudian ditawarkan untuk menjajal kariernya sebagai model. Pada awalnya tak mudah juga bagi Han untuk diterima. Sejumlah agen menolak dengan mengatakan tak menerima kulit berkulit gelap.

Namun, sejumlah desainer melihat sebaliknya. Han dianggap unik dan kharismatik. Ia lalu memulai debutnya sebagai model dengan berjalan di panggung peragaan busana Seoul Fashion Week tahun lalu. Menjadi model membuat Han tak lagi malu serta menarik diri. Ia berharap dengan menjadi model, ia akan menginspirasi orang banyak, dan sekaligus mewakili ras campuran di Korea Selatan.

(fzh/AFP/CNN/Channel News Asia)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)