home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Para Menteri Wanita Ini Diisukan 'Lengser' di Reshuffle Kabinet Jilid III

Kamis, 13 Juli 2017 10:20 by reinasoebisono | 1668 hits
Para Menteri Wanita Ini Diisukan 'Lengser' di Reshuffle Kabinet Jilid III
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Isu reshuffle atau perombakan kabinet kembali mencuat dan ramai dibicarakan. Meski Presiden Jokowi belum memberikan komentar, namun isu tersebut sempat ‘dibenarkan’ oleh seorang pejabat di istana.

Menurut sumber dari Tempo tersebut, Presiden Jokowi memang berencana mengganti sejumlah menteri dalam waktu dekat. Dikatakan pula presiden sebenarnya sudah dua kali berdiskusi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Pertama, sebelum Lebaran, dan terakhir pada Selasa sore pekan lalu,” ujar sumber tersebut.

Menariknya, Presiden Jokowi yang selama ini tidak pernah me-reshuffle menteri wanitanya justru dikabarkan akan ‘melengserkan’ 3 menteri wanita sekaligus dari jabatannya kini. Salah satunya adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno.

Penyebabnya adalah hasil audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan ihwal kerja sama PT Pelindo II (Persero) dengan Hutchison Port Holdings. Menurut audit itu, kontrak kerja sama yang diteken Rini mewakili pemerintah sebagai pemegang saham PT Pelindo II ditengarai merugikan negara Rp 4,08 triliun.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

“Posisi itu menyulitkan Presiden, sehingga pilihan terbaik adalah mengganti Rini,” ujarnya. Pada Kamis pekan lalu pun, Menteri Rini mengatakan belum tahu mengenai hal tersebut karena belum membaca audit BPK.

Menteri lain yang diisukan akan dicopot adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Namun Asman mengatakan tidak mengetahui isu rencana pencopotan dirinya dari jabatan menteri. “Saya serahkan pada keputusan Presiden,” ujarnya.

Menteri ‘favorit’ netizen Susi Pudjiastuti juga dikabarkan akan digeser menjadi Menteri Koperasi. Begitu pula dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dimungkinkan ‘naik’ jabatan jadi Menteri Koordinator Perekonomian.

Mengenai kabar tersebut Menteri Susi mengatakan setiap tahun memang ada pihak yang ingin dirinya diganti. Sedangkan Sri Mulyani hanya menggelengkan kepala saat ditanya kemungkinan reshuffle kabinet ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)