home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Rilis dan Berlakukan Peta NKRI Terbaru, Apa Bedanya?

Sabtu, 15 Juli 2017 09:00 by reinasoebisono | 2593 hits
Pemerintah Rilis dan Berlakukan Peta NKRI Terbaru, Apa Bedanya?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Pemerintah melakukan pemutakhiran pada peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) setelah melalui serangkaian pembahasan sejak Oktober 2016. Pada Jumat (14/7), peta Indonesia terbaru itu resmi dirilis dan diberlakukan.

Penetapan ini dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim, Arif Havas Oegroseno, menjelaskan ada beberapa perubahan yang cukup signifikan dalam peta Indonesia yang baru.

"Yang pertama adalah batas dengan Palau. Di peta yang lama, batasnya masih melengkung karena ada dua pulau milik Palau. Di peta yang baru kan kami tutup, karena ini batas ZTE (Zona Tangkap Eksklusif) menjadi perairan Indonesia. Dan dua pulau kecil milik Palau yang masuk dalam wilayah Indonesia, Karang Helen dan Pulau Tobi kami kasih 12 nautical mile saja," ujar Arif.


Perbedaan kedua adalah batas antara Indonesia dengan Filipina di Laut Sulawesi. Bila sebelumnya ditandai dengan garis putus-putus, sekarang garisnya sudah menyatu. Hal ini disebabkan karena perjanjian ZTE antara Indonesia dengan Filipina sudah selesai, mengutip Kumparan.

Baca juga: Ada Wanita dan Satu Pendatang Baru, Ini Daftar Terbaru Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes

Pembaruan penamaan laut pun juga terjadi di zona baguan Utara Laut Natuna yang kini menjadi Laut Natuna Utara, sebelumnya adalah Laut Natuna yang hanya berada bagian dalam garis laut teritorial dan laut kepulauan saja. Zona Ekonomi Eksklusif di Selat Malaka yang berbatasan dengan Malaysia memang belum ditetapkan, namun di Peta Indonesia ini, ZEE lebih maju menekan ke sisi Malaysia.


Garis batas yang jelas ini juga memudahkan petugas melakukan patroli di perbatasan. Hal detail seperti karang kecil yaitu South Ledge dan Pedra Branca pun menjadi lebih jelas. Pada peta lama, lingkaran itu kesannya menjadi milih Indonesia.

"Di peta yang baru di sini ada bulatan untuk mempertegas bahwa di sini ada karang yang sangat kecil yaitu South Ledge dan Pedra Branca. Pedra Branca itu milik Singapura sesuai keputusan Mahkamah. Sedangkan South Ledge itu masih dinegosiasikan antara Singapura dan Malaysia," kata Arif.

(rei/image: Kumparan)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)