home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Blokir Layanan Pesan Instan Telegram di Indonesia

Jumat, 14 Juli 2017 23:00 by fzhchyn | 11131 hits
Pemerintah Blokir Layanan Pesan Instan Telegram di Indonesia
Image source: Fortune

DREAMERS.ID - Salah satu layanan pesan instan yang cukup banyak digunakan di Indonesia, Telegram bakal tak bisa digunakan di tanah air. Pasalnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memerintahkan pemblokiran layanan chatting tersebut di Indonesia.

Dalam dua buah screenshot atau tangkapan layar dari Swamedium menunjukkan adanya surat elektronik (e-mail) yang memperlihatkan pemerintah meminta penyelenggara layanan internet (ISP) untuk menutup sejumlah situs berisi 11 domain Telegram.


Image source: Swamedium/CNN

Juru bicara Kemenkomifo, Noor Iza membenarkan rencana pemblokiran Telegram. “Ya (ada perintah untuk blokir), saya lagi siapin catatan-catatannya ya mas. Semoga Senin Pak Dirjen Aptika (Semuel Abrijani Pangerapan) bisa kasih penjelasan luas,” ujar melalui pesan singkat, Jumat (14/7), mengutip Kompas.

Noor tidak mengungkap lebih jauh mengenai alasan pemerintah memblokir aplikasi pesan instan Telegram. Namun melansir laman CNN Indonesia, alasan pemblokiran ditengarai karena mengandung konten ilegal seperti yang tertulis dalam e-mail.

Baca juga: Sejumlah Artis dan Atlet Korea Jadi Member Grup Chat Video Porno Nth Room

Permintaan pemblokiran Telegram masih sebatas versi web yang situsnya tercantum dalam e-mail tersebut. Ada beberapa laporan yang mengatakan jika web Telegram sekarang sudah tidak bisa diakses melalui koneksi internet sejumlah operator.


Image source: Dreamers.id

Indikatornya adalah saat pengguna mencoba mengakses alamat web.telegram.org, maka akan langsung dibawa ke halaman berisi keterangan pemblokiran. Namun saat Dreamers.id mencoba mengunjungi situs tersebut, Telegram masih dapat diakses. Sementara untuk versi aplikasinya juga masih bisa diakses seperti biasa.

Telegram merupakan aplikasi layanan instan buatan Pavel Durov asal Rusia. Telegram dikenal sebagai layanan pesan instan dengan tingkat keamanan yang tinggi. Telegram adalah salah satu layanan yang memakai sistem enkripsi untuk percakapannya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)