home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Setelah Telegram, Menkominfo Ancam Tutup Semua Media Sosial

Sabtu, 15 Juli 2017 23:00 by dodo07 | 9135 hits
Setelah Telegram, Menkominfo Ancam Tutup Semua Media Sosial
Image source: kominfo

DREAMERS.ID - Setelah mengumumkan memblokir salah satu layanan pesan instan yang cukup banyak digunakan di Indonesia, Telegram, belum lama ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali mengegerkan publik dengan pernyataannya.

Seperti dilaporkan Detik, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengancam akan menutup semua platform media sosial yang masih meloloskan konten negatif yang mengancam keamanan negara. Hal ini menyusul adanya peran media sosial dalam peracikan bom seperti kasus bom panci dimana sang pelaku, Agus Wiguna (22) diketahui belajar meracik bom melalui internet. 

Menurut Rudiantara, penyebaran konten negatif terbagi menjadi dua baik melalui situs internet maupun media sosial. Namun, untuk situs internet, masih bisa terkontrol oleh pemerintahan, "Kalau situs cepat dikontrol oleh Menkominfo. Sementara media sosial itu kan melibatkan pemerintah dan pelakunya sendiri," kata Rudiantara.

Baca juga: Aplikasi Pelacak Pasien Corona Resmi Diluncurkan, Begini Cara Kerjanya

Oleh sebab itu, Rudiantara tengah berupaya untuk lebih mengurangi dampak negatif dari penggunaan media sosial. Ia menambahkan jika sebenarnya sejak tahun 2016, pemerintah sudah meminta platform medsos untuk menutup konten negatif di medsos. Namun, sampai saat ini baru sekitar 50% konten negatif yang ditutup oleh platform.

Menkominfo diketahui telah mendatangi kembali platform medsos guna mengingatkan menutup konten negatif pada bulan lalu. Kini, pihaknya masih menunggu perubahan yang dilakukan platform medsos. Terkait penutupan sosial media, kata Rudiantara akan dilakukan secara bertahap. Pemerintah akan membatasi terlebih dahulu iklan-iklan ditayangkan di media sosial.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)