home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sutradara MV Zico 'Artist' Buka Suara Soal Tuduhan Plagiat

Selasa, 18 Juli 2017 15:27 by fzhchyn | 1297 hits
Sutradara MV Zico 'Artist' Buka Suara Soal Tuduhan Plagiat
Image source: Star Daily News

DREAMERS.ID - Kabar miring menimpa Zico Block B di tengah comeback-nya sebagai solois. Pada 12 Juli lalu, Zico merilis album bertajuk ‘Television’ bersamaan dengan MV untuk lagu ‘Artist’. Namun setelah video musik tersebut dirilis, tuduhan plagiat pun langsung diarahkan kepada pria kelahiran 1992 tersebut.

Dilansir dari Soompi, publik menilai adanya kemiripan antara MV ‘Artist’ dengan video dari seorang penyanyi dan penulis lagu asal Prancis, Jain berjudul ‘Makeba’. Mulai dari transisi adegan dengan meremas kertas dan juga penggunaan motif binatang. ‘Makeba’ sendiri dirilis pada November tahun lalu dan sebelumnya telah terpilih sebagai video ‘Best of the Month’ di situs Vimeo.

Terkait tuduhan plagiat ini, sang sutradara MV ‘Artist’, Lee Gi Baek angkat bicara melalui agensi yang menaungi Block B, Seven Seasons. “Transisi adegan di mana kertas muncul yang diremas adalah salah satu metode (transisi adegan) yang sederhana. Lalu bagian di mana harimau dicat ditampilkan  karena itu cocok dengan konsep video ‘Artist’ (seniman),” katanya.

Baca juga: Zico Merilis Bocoran Lagu 'SPOT!' featuring Jennie BLACKPINK

Ia menambahkan, “Tentang adegan di rumah Jepang di hutan, itu tidak seperti kita memasukkan zebra secara random. Kami memasukkan harimau karena itu simbol Ketimuran. Sekalipun kami telah berkonsultasi tentang video tersebut, bagian-bagian yang dicurigai lebih mengarah pada referensi dibandingkan plagiarisme.”

Lee Gi Baek juga mengatakan jika dalam dunia produksi video, ada saat di mana video saling menginspirasi. “Tapi untuk menyebutnya sebagai plagiat, di mana dalam video berdurasi empat menit hanya ada dua atau tiga detik yang mirip, aku rasa itu terlalu kejam untuk Zico,” tukasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Kisruh antara Min Hee Jin dan HYBE semakin memanas. Kontroversi lain muncul setelah CEO label ADOR itu mengklaim bahwa pimpinan Bang Si Hyuk meniru idenya untuk menciptakan BTS....
  • HOT !
    ACEMAKER MOVIEWORKS mengumumkan bahwa film bertabur bintang Wonderland akan tayang perdana pada tanggal 5 Juni di bioskop Korea Selatan....
  • HOT !
    BTS dan UNICEF mengumumkan inisiatif #OnMyMind, yang merupakan bagian kedua dari kampanye LOVE MYSELF mereka. Inisiatif baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung kesehatan mental remaja di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)