home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Bandung Atau China, Inilah Negara Asal dari Siomay

Jumat, 21 Juli 2017 15:00 by dodo07 | 12751 hits
Bukan Bandung Atau China, Inilah Negara Asal dari Siomay
Image source: kulineri

DREAMERS.ID - Siomay memang dikenal sebagai salah satu jajanan pinggir jalan yang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Karena populer masuk ke dalam jenis dimsum, tidak sedikit orang yang mempercayai jika makanan ini berasal dari China. Namun, sebenernya makan ini awalnya tak berasal dari negeri tirai bambu itu, lho!

Segala jenis makanan yang masuk dalam golongan dimsum memang dipercaya merupakan makanan asal negara China. Namun faktanya, siomay pertama kali dibuat dan dikonsumsi oleh bangsa Mongolia. Suku Mongolia mempunyai jenis siomay yang paling tua bernama Huhhot Shaomai. Makanan ini telah menjadi makanan khas turun temurun bangsa Mongolia.


Image source: chinadaily

Melansir Wikipedia dan berbagai sumber, pada awalnya siomay dibuat dari bahan daging babi cincang yang dicampur dengan bahan bawang merah dan jahe, kemudian dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung. Suku Mongolia dalam telah mengkonsumsi siomay jauh sebelum bangsa China mempopulerkannya.

Jenis huhhot shaomai ini bentuknya sangat unik dibungkus dengan sejenis kulit pangsit yang amat tipis dan bagian atasnya dibentuk seperti kelopak dengan cara diikat. Bangsa Mongolia sendiri mempunyai tradisi yang khas dalam menyajikannya.


Image source: asiaculturaltravel

Siomay biasanya disajikan di sebuah pan atau piring besar bernama Liang, sebanyak 8 buah. Bisa dinikmati dalam bentuk goreng atau kukus. Huhhot shaomai sendiri disajikan dengan cuka asam dan ditemani dengan secangkir teh hangat. Sedangkan, kalau siomay khas Bandung pada umumnya disajikan bersama bumbu kacang beserta saos dan kecap manis.

Seiring dengan perkembangan zaman, siomay telah bertransformasi kedalam beragam jenis bahan dasarnya serta bentuknya. Ada yang berbahan ikan tenggiri, ayam, udang ataupun kepiting. Nah, kalau kamu sendiri suka siomay jenis apa nih?

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)