home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perlu Bantuan Urai Kemacetan Jakarta, Polisi Siap Hadirkan Versi Resmi 'Pak Ogah'

Sabtu, 22 Juli 2017 19:00 by tyassss | 852 hits
Perlu Bantuan Urai Kemacetan Jakarta, Polisi Siap Hadirkan Versi Resmi 'Pak Ogah'
Image source: detik

DREAMERS.ID - Sosok pengatur jalanan yang tak resmi alias ‘Pak Ogah’ memang lumayan berguna dikala situasi jalanan semakin macet. Namun karena dengan keahlian yang seadanya, kadang kehadiran Pak Ogah juga justru mengganggu dan menambah parah kemacetan, terutama di sekitar wilayah Jakarta.

Untuk itu, Polisi tengah mematangkan rencana untuk merekrut sosok Pak Ogah secara resmi, di mana mereka terlebih dulu dibekali tata cara mengatur lalu lintas melalui pelatihan. Menurut polisi, nantinya para Pak Ogah resmi ini dapat membantu mereka untuk mengurai kemacetan dengan lebih baik.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Mobil Patwal Terobos Iring-iringan KTT ASEAN Hingga Dimaki Sesama Polisi

Polisi juga sudah menyiapkan nama sebutan yang akan diberikan kepada Pak Ogah resmi tersebut. Seperti dalam pernyataan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra saat dihubungi Detik pada Sabtu (22/07) dengan mengatakan, "Nanti namanya Supeltas, sukarelawan pengatur lalu lintas.”

"Saya lihat di sini banyak tenaga-tenaga yang bisa membantu kami, membantu mengatur lalu lintas. Kemudian saya lihat lagi 'Pak Ogah' masyarakat yang membantu tugas polisi tapi tidak sesuai. Nanti dikoordinir, diakomodir," sambungnya.

Lebih lanjut Halim mengatakan, pihaknya sudah menyurati Satlantas di wilayah Jakarta untuk melakukan pendataan 'Pak Ogah' yang biasa ada di persimpangan jalan. Supeltas nantinya ditempatkan di jalan-jalan rawan macet namun bukan jalur protokol.

Perekrutan ini juga didasari UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang juga mengatur soal partisipasi masyarakat dalam kelancaran lalu lintas.

(tys)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)