home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sistem Canggih Penyimpanan Bendera Pusaka Kini: Anti Peluru dan Dijaga 24 Jam

Kamis, 27 Juli 2017 06:10 by reinasoebisono | 1225 hits
Sistem Canggih Penyimpanan Bendera Pusaka Kini: Anti Peluru dan Dijaga 24 Jam
Image source: Rappler

DREAMERS.ID - Benda pusaka menjadi sesuatu yang penting untuk sebuah negara karena nilai sejarahnya, sudah tentu harus dijaga dengan baik dan dengan cara spesial. Salah satunya adalah bendera pusaka atau disebut juga Sang Saka Merah Putih.

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan jika selama ini, vitrin atau tempat penyimpanan bendera pusaka sudah lama tidak mendapat perhatian. Karena itu, selama dua tahun ini, Pemprov DKI melalui Unit Pengelola (UP) Monas melakukan pembenahan.

"Sudah kita uji coba tadi. Meskipun mendapatkan beberapa penyempurnaan, sebelum secara resmi akan dibuka dan diresmikan ya. Diresmikan insyaallah 12 Agustus. Nanti betul-betul acara di Monas menjadi rangkaian Gebyar Jakarta Merah Putih," kata Djarot di Monas, Rabu (26/7).

Dengan sederet sistem canggih dan penjagaan ketat, Djarot membenarkan jika bendera pusaka tersebut akan dilindungi vitrin kaca anti peluru dan mendapat pengamanan ketat dari TNI-Polri.


Vitrin baru untuk melindungi bendera pusaka Merah Putih (Istimewa)

"Selain antipeluru, di dalamnya sudah ada pengukur suhunya. Diukur kelembabannya supaya tetap awet dan bagus. Karena itu bendera pusaka, barang berharga. Namanya pusaka, maka harus dijaga kelembabannya supaya tidak rusak," ujar dia.

Baca juga: Ahok Ketika Ditanya Perasaanya Bertemu dengan Anies: Aku Orangnya Cepet 'Move On'

Selama ini, melansir Berita Satu, saat dipindahkan 20 Mei 2007 lalu dari Istana Merdeka ke Monas, bendera pusaka di sebuah kotak kaca dengan ukuran 2 x 3 x 0,25 meter. Yang lalu disimpan dalam kotak dengan bingkai kuningan siku ukuran 5  x 5 x 0,5 meter serta kaca tebal dua sentimeter.

Nantinya, bendera yang dijahit oleh Ibu Negara Pertama, Fatmawati itu akan disimpan di tempat penyimpanan bendera dengan cara dibentangkan di dalam sebuah vitrin dengan ukuran yang sama dengan Bendera Pusaka. Kaca yang digunakan setebal 12 sentimeter dengan ketinggian sekitar 30 sentimeter.

“Kalau di luar negeri, bendera pusaka dijaga 24 jam oleh tentara dan polisi. Untuk pengamanan urusannya Setneg dan Paspampres. Jadi kami usulkan bendera pusaka dijaka dua orang saja dari TNI Angkatan Darat, Laut, dan Udara serta Polri,” terangnya.

Sistem canggih lainnya, vitrin tersebut akan dilengkapi hidrolik sehingga bisa dinaikkan dan diturunkan. Saat diturunkan, akan ada rolling doorotomatis yang akan menutupi vitrin. Ketika vitrin dinaikkan, maka rolling door secara otomatis akan terbuka, sehingga vitrin dapat naik ke atas tanpa ada yang menghalangi agar pengunjung tetap dapat melihat Sang Saka tanpa mengurangi faktor keamanannya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)